Wajib Tahu

Janji Menikahi Tapi Tak Kunjung Ditepati, Apakah Ada Sanksi Hukumnya? Berikut Penjelasannya

Apakah pembatalan pernikahan secara sepihak bisa dikenai sanksi hukum? Berikut ini simak Penjelasan Ahli Hukum

Foto via islami.co
Janji Menikahi Tapi Tak Kunjung Ditepati, Apakah Ada Sanksi Hukumnya? Berikut Penjelasannya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada Tahun 2022 ini tentunya kita sering mendengar kasus yang tak asing lagi ditelinga kita.

Yaitu seperti seorang wanita yang dijanjikan akan dinikahi oleh kekasihnya namun janji tersebut tidak tepati dan bahkan tak ada kepastian dari kekasih yang menjanjikannya.

Memang Kasus pembatalan pernikahan secara sepihak kerap terjadi di Indonesia.

Tidak adanya kepastian dan janji yang tidak ditepati membuat pihak wanita merasa malu, dikhianati dan dibohongi, tentunya dikarenakan pihak wanita telah mengenalkan sang pria kepada keluarga besar sang wanita, dan biaya-biaya lain yang telah keluar selama pacaran.

Dengan pihak wanita yang merasa tidak terima atas perbuatan dari kekasihnya tersebut kemudian membawa permasalahan ini melewati jalur hukum.

Dilansir dari Kompas.com (23/5/2022), beberapa bulan lalu pria berinisial AAH (17) kabur tepat di saat hari pernikahannya pada Minggu (22/5/2022).

Kasus serupa juga terjadi di Jawa Timur. Dilansir dari Kompas.com (11/5/2022), pria berinisial G tidak hadir saat ijab kabul dan resepsi.

Akibatnya, pengantin perempuan RD (22) harus berdiri seorang diri di pelaminan saat hari pernikahannya, Minggu (8/5/2022).

Baru-baru ini, unggahan warganet di Twitter juga menceritakan kisah pilu asmaranya. Pihak laki-laki tidak menepati janji untuk menikahinya tepat di H-1 sebelum pesta pernikahan digelar.

Twit tersebut diunggah oleh akun ini pada Sabtu (9/7/2022).

Dalam utas tersebut, pihak perempuan merasa geram dengan tindakan mempelai laki-laki yang membatalkan pernikahan secara sepihak. 

Hingga Senin (11/7/2022), twit tersebut telah disukai oleh lebih dari 35.600 pengguna, dibagikan sebanyak 10.800 akun, dan dikomentari oleh lebih dari 1.500 warganet.

Lantas, apakah pembatalan pernikahan secara sepihak bisa dikenai sanksi hukum?

Penjelasan Ahli Hukum

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved