Sangihe Sulawesi Utara

Program Bakti Kemitraan Kominfo Gandeng 3 Desa di Tabukan Utara Sangihe Sulawesi Utara

Tiga kampung yang berada di Kecamatan Tabukan Utara (Tabut) Kabupaten Kepulauan Sangihe provin Sulawesi Utara bakal jadi Kampung digital

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Neltiy/Tribun Manado
Kepala Bidang Penyelenggaraan e-goverment Yermias Bukasiang 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Tiga kampung yang berada di Kecamatan Tabukan Utara (Tabut) Kabupaten Kepulauan Sangihe bakal jadi Kampung digital.

Di pelopori oleh Direktorat layanan telekomunikasi dan informasi badan usaha, badan aksesibilitas telekomunikasi dan informasi bakti Kementerian Kominfo, dengan program kemitraan badan usaha milik desa (BUMDes).

Diketahui, pilot project program ini adalah tiga kampung yakni Kampung Lenganeng, Pusunge dan Kampung Utaurano.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan e-goverment Yermias Bukasiang mengatakan, saat ini Kominfo Sangihe sementara lakukan analisis dan sosialiasasi pengembangan desa digital di tiga kampung tersebut sebelum pemerintah pusat dan pihak ISP turun ke kampung.

"Jadi kami terlebih dahulu melakukan tahap analisa dan persiapan lainya terkait pelaksanaan pengembangan infrastruktur digital untuk desa sekaligus melakukan sosialisasi terkait apa yang perlu di persiapkan oleh kampung tersebut,” ungkap Bukasiang.

Sambungnya, Pemerintah dan masyarakat kampung sangat mengharapkan agar program tersebut dapat terealisai karena akan meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi dan informasi serta meningkatkan BUMDes di bidang IT serta tersedianya lapangan pekerjaan di desa.

"Dari pihak kampung sangat merespon baik dan mereka mempunyai harapan bisa terealisasi karena salah satu tujuan program ini adalah kemandirian kampung untuk peningkatan perekonomian masyarakat yang ada di kampung melalui BUMDes,” jelas Kabid saat ditemui di ruanganya, Rabu (06/07/2022).

Terpisah, Kapitalaung Kampung Utaurano Herdyanto Takapulungan mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat melalui Diskominfo Sangihe yang boleh memfasilitasi tiga kampung untuk menjadi pilot projek program kemitraan usaha BUMDes bakti kominfo.

"Program ini sudah di musyawarahkan di desa dan disana mereka sangat mengharapkan ini akan segera terealisasi,” pungkasnya. (Nel)

Baca juga: Sosok ASN Jadi Pengkhianat Negara, Pasok Senjata & Amunisi ke KKB Papua, Polisi Selidiki Aliran Dana

Baca juga: Informasi Tempat Kost di Tondano Minahasa Sulawesi Utara, Harga Terjangkau dan Fasilitas Wifi Gratis

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved