Bolmong Sulawesi Utara

Diskominfo Bolmong Mendapat Apresiasi dari Komisi Informasi Publik Sulawesi Utara, Ini Penyebabnya

Diskominfo Bolmong mendapat apresiasi dari Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Utara. Yang diapresiasi adalah Pengelolaan Informasi.

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Handhika Dawangi
Istimewa
Marief Mokodompit Kepala Dinas Kominfo Bolmong Sulawesi Utara saat menjamu kedatangan tim KIP Sulut bersama rombongan di ruang data Diskominfo Bolmong. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow mendapat apresiasi dari Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Utara. 

Yang diapresiasi adalah Pengelolaan Informasi di Diskominfo Bolmong. 

"Ini kreativitas dari dinas terkait. Dan apresiasi ini mudah-mudahan dalam waktu dekat ada event anugerah keterbukaan informasi. 

Diharapkan Pemkab Bolmong bisa masuk dalam kategori yang terbaik," ujar Ketua KIP Sulut Andre Mondong saat mengunjungi Diskominfo Bolmong, Selasa (05/07/2022).

Komisi Informasi sebagai lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan Undang-undang dan peraturan pelaksanaannya, juga menetapkan petunjuk teknis standar layanan informasi publik. (wikipedia.org)

Adapun tujuan KIP Sulut ke Diskominfo Bolmong yakni untuk monitoring dan evaluasi. 

Hal ini juga dilakukan di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut.

"Setiap tahun KIP Sulut melakukan monitoring terhadap daerah-daerah untuk melihat sejauh mana kinerja pengelolaan informasi dan dokumentasi yang ada di masing-masing kabupaten dan kota," ucap Andre Mondong.

Lanjut Andre Mondong, hal ini dilakukan dalam rangka pemenuhan undang-undang keterbukaan informasi dan agar masyarakat dapat secara maksimal mengakses informasi.

"Kita melihat langsung kinerja perkembangan yang terjadi. Karena hampir dua tahun KIP Sulut menunda kegiatan seperti ini, akibat Covid-19. Jadi saat ini kami sudah kembali melakukan pemantauan monitoring di masing-masing daerah kabupaten dan kota.

Bolmong Jadi yang Pertama

Kunjungan KIP Sulawesi Utara yang pertama di tahun 2022 ini adalah Bolmong.

Dalam kunjungan tersebut, Andre Mondong memberikan apresiasi terkait perkembangan di Diskominfo Bolmong.

Karena sebelumnya dirinya mengaku mengunjungi Diskominfo Bolmong terakhir dua tahun lalu, dan apa yang dilihatnya saat ini adalah perkembangan yang luar biasa.

Kepala Diskominfo Bolmong Marief Mokodompit menyambut baik atas monitoring di Kabupaten Bolmong.

Menurut Marief, seluruh akses informasi ini dilakukan untuk mendukung keterbukaan informasi publik melalui PPID dapat di akses melalui Bolmongkab.go.id.

PPID Kabupaten Bolmong juga sudah terintegrasi dengan Kementerian Dalam Negeri RI sesuai Amanat Perpres 95 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan Perpres 39 Tentang Satu Data Indonesia (SDI).

"Pada prinsipnya pemerintah daerah dalam hal ini Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM melalui Diskominfo Bolmong, terus melaksanakan inovasi dan kreativitas dalam hal layanan publik sehingga informasi berkaitan dengan tata kelola pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan berbasis data," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved