Reshuffle Kabinet Jokowi

Sosok Muhammad Rapsel Ali, Menantu Wapres Maruf Amin yang Dikabarkan Bakal Masuk Kabinet Menteri

Nama menantu Wakil Presiden Maruf Amin, Muhammad Rapsel Ali, muncul seiring kabar rencana Presiden Joko Widodo melakukan perombakan atau rehuffle.

Sosok Rapsel Ali, Menantu Wapres Maruf Amin Dikabarkan Isi Kursi Menteri Penting Ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nama menantu Wakil Presiden Maruf Amin, Muhammad Rapsel Ali, muncul seiring kabar rencana Presiden Joko Widodo melakukan perombakan atau rehuffle kabinet pada Rabu pahing (15/6/2022), hari ini.

Kabar Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle kabinet menguat setelah sejumlah pejabat, termasuk menteri, wakil menteri hingga mantan Panglima TNI, secara mendadak dipanggil ke Istana Kepresiden, Jakarta, pada Selasa (14/6/2022) kemarin.

Belum lagi, sebelumnya para menteri Kabinet Indonesia Maju dilarang bepergian ke daerah atau ke luar Jakarta sebelum 15 Juni 2022.

Para pejabat yang mendadak dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan pada Selasa kemarin yakni Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,.

Lalu, ada Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra hingga mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Menurut kabar yang beredar di kalangan elite politik di Senayan (Gedung DPR RI--red), Presiden Jokowi disebut akan merombak kabinetnya pada Rabu 15 Juni besok.

Dan diketahui, Presiden Jokowi kerap melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Pahing.

Kebetulan dalam penanggalan Jawa, hari tersebut bertepatan dengan Rabu Pahing.

Seiring kabar reshuffle kabinet Jokowi ini, muncul nama Muhammad Rapsel Ali yang dikabarkan bakal mengisi kursi salah satu menteri yang diganti.

Muhammad Rapsel Ali merupakan politisi Partai NasDem sekaligus menantu Wakil Presiden Maruf Amin.

Meski ada 10 kursi wakil menteri yang kosong, sumber Tribunnews di DPP Golkar menyebut menantu Wapres Maruf Amin itu bakal mengisi kursi Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang juga berasal dari Partai NasDem.

Sepuluh kursi wakil menteri (wamen) yang kosong dan siap untuk diisi tersebut yakni Wakil Menteri Sosial, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wakil Menteri Investasi, Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Wakil Kepala Bappenas, serta Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kemudian, kursi Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wakil Menteri Dalam Negeri, serta kursi Wakil Menteri Koperasi dan UKM, Wakil Menteri Perindustrian, Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Lalu, siapa Muhammad Rapsel Ali?

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved