Human Interest Story

Cerita Nakes Puskesmas Miangas Talaud, Terpaksa Tinggal di Ruang Rawat Inap, Tidak Ada Rumah Dinas

Rizmanto pun mengakui bahwa selama tinggal di dalam puskesmas lebih tepatnya di Ruang Rawat Inap banyak mengalami suka dan duka.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Handhika Dawangi
Kolase Tribun Manado/Istimewa
Situasi di dalam Puskesmas Miangas 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pulau Miangas yang terletak di bagian paling Utara Indonesia atau tepatnya di daerah Kepulauan Talaud Sulawesi Utara merupakan daerah khusus, karena berbatasan langsung dengan negara tetangga Philipina.

Kepulauan ini menjadi daerah prioritas pemerintah pusat karena termasuk dalam wilayah perbatasan .

Hal tersebut dibuktikan dengan seringnya mendapat kunjungan dari pejabat pusat termasuk presiden dan beberapa menteri .

Sudah tentu daerah tersebut harus mendapat bantuan khusus oleh pemerintah termasuk fasilitas penunjang seperti fasilitas pemerintah.

Namun hal itu tak sejalan dengan kondisi yang dialami oleh sejumlah tenaga kesehatan yang mengabdikan diri bagi bangsa khususnya para tenaga kesehatan yang berkantor di Puskesmas Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara, yang merupakan beranda utara NKRI.

Tak ayal, karena kurangnya fasilitas termasuk tidak ada rumah dinas di Puskesmas Miangas, sejumlah tenaga kesehatan atau nakes rela tinggal di dalam Ruang Rawat Inap Puskesmas.

Situasi di dalam Puskesmas Miangas.
Situasi di dalam Puskesmas Miangas. (Istimewa)

Berdasarkan keterangan dari salah satu sumber, dimana tenaga kesehatan yang tinggal di dalam Ruang Rawat Inap tersebut berjumlah 5 orang. 

Terdiri dari 4 orang tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat (NS) dan 1 orang perawat.

"Kami tinggal disini (Ruang Rawat Inap), kurang lebih sudah 1 tahun 6 bulan," ungkap Muhammad Rizmanto, S.Tr.Ak yang merupakan tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat.

"Saya tinggal disini (Ruang Rawat Inap), dikarenakan di Puskesmas Miangas ini, tidak ada rumah dinas, jadi kami ditempatkan disini," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved