Berita Sitaro

3 Pesan Haris Sukamto ke Pegawai Lapas Ulu Siau, Kunker Kakanwil Kemenkum HAM Sulut di Sitaro

Haris Sukamto melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Selasa (14/6/2022).

(Vian Hermanses/tribunmanado.co.id)
Kakanwil Kemenkum HAM Sulut menggelar tatap muka dengan para pegawai di lingkungan Lapas Kelas II B Ulu Siau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Sulawesi Utara, Haris Sukamto melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Selasa (14/6/2022).

Haris melakukan tatap muka dengan seluruh pegawai Lapas Kelas II B Ulu Siau, dalam rangka penguatan tugas pokok dan fungsi petugas pemasyarakatan.

Dalam arahannya, mantan Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM NTB itu menyampaikan tiga pesan utama yang wajib ditindaklanjuti oleh seluruh pegawai dalam rangka penguatan tupoksi petugas pemasyarakatan.

Pertama, dia menyebut tentang pelayanan terhadap warga binaan, kedua menjaga keamanan dan yang ketiga menjaga integritas dan kredibilitas secara personal maupun kelembagaan.

"Pelayanan kepada warga binaan itu penting. Bukan hanya pelayanan, tapi apa sih yang harus kita lakukan sebagai petugas pemasyarakatan," kata Haris.

"Termasuk kebutuhan dan hak dari warga binaan itu harus terpenuhi. Mulai air, makanan, termasuk juga kehidupan yang bersih atau lingkungan yang bersih," ujarnya.

Bicara tentang menjaga keamanan, ia menyebut setiap petugas harus mengamankan diri sendiri, mengamankan warga binaan serta mengamankan fasilitas yang ada di Lapas Kelas II B Ulu Siau.

"Menjaga keamanan diri itu termasuk dengan menjaga kesehatan. Kenapa kesehatan ini penting karena berkaitan dengan produktivitas kerja.

Selanjutnya Haris menyentil tentang kredibilitas kantor Lembaga Pemasyarakatan termasuk petugas pemasyarakatan yang perlu dijaga.

"Saya selalu mengajak kepada tim saya, performa kantor itu penting, karena itu adalah tanda utama. Kalau pandangan pertama sudah tidak bagus, itu kemanapun di dalamnya bagus apapun tidak akan ada nilanya," ungkapnya.

"Ketika melihat dari depan performa kantor sudah bagus, apalagi performa individu-individu di dalamnya bagus, kepercayaan masyarakat pasti ada," sambungnya.

Dia pun meyakini, tiga hal yang disampaikan tersebut, utamanya terkait kredibilitas dan integritas mampu dilaksanakan oleh seluruh jajaran petugas pemasyarakatan Lapas Kelas II B Ulu Siau.

"Saya yakin banget dengan teman-teman di Ulu Siau (Lapas) ini bisa melakukan itu. Tahun depan bisa kita usulkan untuk mendapatkan apresiasi WBK," kuncinya. (HER)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved