Berita Sitaro

Harga Cabe di Pasar Ulu Siau Sitaro Rp 110 Ribu Per Kilogram, Kata Pedagang Ini Penyebabnya

Harga Cabe di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami kenaikan yang signifikan.

Tribun Manado/Oktavian Hermanses
Pedagang bumbu dapur di Pasar Ulu Siau yang sedang melayani pembeli. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Harga Cabe di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami kenaikan yang signifikan.

Di Pasar Ulu Siau, salah satu jenis bumbu dapur ini dijual dengan harga Rp 110 ribu per kilogramnya.

Menurut Anis, salah satu pedagang Cabe di Pasar Ulu Siau, harga jual sebelumnya Rp 66 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram dan akhirnya naik lagi sejak awal pekan ini.

Kenaikan harga ini, kata dia, dikarenakan stok cabe di distributor yang ada di wilayah Siau mengalami kekosongan akibat keterlambatan pengiriman dari Manado.

"Harga (Cabe) naik mulai hari Selasa lalu. Sebenarnya barang akan dikirim Selasa lalu, tapi tertunda," kata Anis, Jumat (10/2/2022).

Diperkirakan, harga Cabe akan turun ketika persediaan barang di distributor bumbu dapur di wilayah Siau kembali tersedia.

"Pasti turun lagi, tapi belum tahu berapa harga jual nanti," kuncinya.

Data Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Sitaro mencatat, kenaikan harga jual juga terjadi pada beberapa jenis bumbu dapur lainnya.

Mulai Tomat yang sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram, Bawang Bombai dari sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogramnya serta Jahe dari Rp 25 ribu naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk kebutuhan bahan pokok, terjadi kenaikan harga Telur yang sebelumnya Rp 56 ribu per papan kini menjadi Rp 58 ribu per papan.

"Khusus untuk Cabe, kita terus melakukan komunikasi dengan pihak distributor. Mudah-mudahan dalam minggu ini barangnya sudah masuk," ujar Kepala Bidang Pasar Diseprindagnaker Sitaro, Junaidy Sasela.

Sementara harga Beras, Minyak Goreng, Gula Pasir, Daging Ayam, Bawang Merah dan Bawang Putih terpantau masih belum ada pergerakan harga jual.

Dimana untuk Beras ukuran 20 kilogram dijual dengan kisaran harga Rp 207 ribu hingga Rp 229 ribu per karung, Gula Pasir Rp 15 ribu per kilogram hingga Daging Ayam Rp.50 ribu per kilogram. (HER)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved