Penangkapan Teroris

Cara Mahasiswa Inisial IA di Malang Kumpulkan Uang untuk Kelompok ISIS Indonesia, Metode Sederhana

Mahasiswa di Malang, Jawa Timur terlibat pendanaan ISIS. Lantas, bagaimana caranya mengumpulkan uang?

Editor: Frandi Piring
@NATSECJEFF
Cara Mahasiswa di Malang Kumpulkan Uang untuk Danai Kelompok ISIS Indonesia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akhirnya terkuak cara mahasiswa di Malang mengumpulkan uang untuk mendanai Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Dikabarkan sebelumnya, ada seorang mahasiswa di Malang, Jawa Timur, berinisial IA (22) ditangkap karena diduga terlibat pendanaan ISIS.

Lantas, bagaimana caranya IA mengumpulkan uang?

Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menyampaikan IA mengumpulkan dana dengan cara meminta sumbangan ke masyarakat.

Lalu, uang tersebut baru dialirkan ke kelompok ISIS.

"Terkait kewaspadaan terhadap pengumpulan dana kelompok teror yang melalui fundraising model atau sumbangan-sumbangan," kata Aswin kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Aswin menerangkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menggali sumbangan yang diduga terkait tindak pidana terorisme.

"Kita mengharapkan masyarakat dapat lebih waspada dalam menyalirkan sumbangan-sumbangan ke organisasi atau kelompok yang tidak dikenal," jelasnya.

Lebih lanjut, Aswin menuturkan pihaknya juga menggali adanya kesamaan pola pengumpulan dana yang dilakukan IA dengan kelompok teroris Jamaah Islamiah (JI) maupun Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Hal ini sedang dalam penyelidikan Densus 88. Tidak menutup kemungkinan cara pengumpulan dana yang dilakukan kelompok JI dapat ditiru oleh kelompok lain," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri kembali menggelar operasi senyap.

Kali ini, satuan berlambang kepala burung hantu itu menangkap seorang mahasiswa berinisial IA (22) di Malang, Jawa Timur.

Adapun IA ditangkap sekitar pukul 12.00 WIB pada Senin 23 Mei 2022 kemarin.

Dia merupakan salah satu mahasiswa aktif di salah satu perguruan tinggi di Malang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved