Berita Sepak Bola

Timnas dan Klub Rusia Resmi Dilarang Bertanding dalam Kompetisi FIFA-UEFA, Spartak Moscow Dicoret

FIFA dan Badan Sepakbola Eropa UEFA secara kolektif memutuskan bahwa semua tim Rusia, baik timnas sepakbola maupun klub, ditangguhkan keikutsertaan

ekbistangsel.com
Timnas dan Klub Rusia Resmi Dilarang Bertanding dalam Kompetisi FIFA-UEFA, Spartak Moscow Dicoret 

TRIBUNMANADO.CO.ID - FIFA dan Badan Sepakbola Eropa UEFA secara kolektif memutuskan bahwa semua tim Rusia, baik timnas sepakbola maupun klub, ditangguhkan keikutsertaan dalam kompetisi-kompetisi FIFA dan UEFA sampai pemberitahuan lebih lanjut setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Akan tetapi FIFA sudah menyatakan Polandia mendapatkan bye menuju final play-off, dan akhirnya mereka mengamankan tiket ke Qatar 2022 usai mengalahkan Swedia. 

Timnas Rusia sedianya melawan Polandia dalam babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada 24 Maret lalu.

Baca juga: Deretan Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, dari Sheer Khurma, Rendang hingga Kahk

FIFA dan UEFA resmi menghukum Rusia imbas invasi militer yang dilancarkan ke Ukraina. 

Tim nasional dan klub-klub Rusia dilarang bertanding dalam seluruh kompetisi sepak bola di bawah naungan FIFA dan UEFA

Hal itu disampaikan UEFA melalui laman resmi mereka pada Selasa (1/3/2022) dini hari WIB.  Adapun keputusan tersebut diambil Dewan FIFA bersama Komite Eksekutif UEFA

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional atau klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," demikian bunyi pernyataan kedua federasi. 

Dengan keputusan ini, tim nasional Rusia tidak bisa bertanding melawan Polandia dalam semifinal playoff Piala Dunia 2022 yang akan digelar Maret ini. 

Selain itu, klub Spartak Moscow juga keluar dari kompetisi Liga Europa. Spartak Moscow sebelumnya sudah memastikan tempat pada babak 16 besar Liga Europa dan akan melawan RB Leipzig. 

Dengan demikian, RB Leipzig pun otomatis melaju ke perempat final Liga Europa. 

"Sebagai konsekuensi dari keputusan hari ini oleh Komite Eksekutif UEFA untuk menangguhkan klub dan tim nasional Rusia dari kompetisi UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut, pertandingan Liga Europa antara RB Leipzig dan Spartak Moscow tidak dapat berlangsung dan RB Leipzig lolos ke perempat final," bunyi pernyataan UEFA, dilansir dari Sky Sports. 

UEFA Memutuskan Klub Rusia Tak Bisa Tampil di Kompetisi Eropa Musim 2022-2023

UEFA selaku induk sepak bola Eropa telah memutuskan bahwa Rusia tidak bisa mengirim wakil untuk berkompetisi di pentas Eropa pada musim 2022-2023.

Alhasil, klub-klub asal Negeri Beruang Merah itu tak bisa mentas di ajang Liga Champions, Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa untuk musim depan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved