Berita Mitra

Tingkatkan Produksi Pangan, Pemkab Mitra Galang Program KUR Pertanian dan Peternakan

"Dengan adanya kegiatan ini menjadi kesempatan bagi petani untuk mengetahui terkait pembiayaan melalui Bank penyalur," kata dia.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
HO
Kepala Dinas Pertanian Minahasa Tenggara (Mitra), Vecky Monigir. 

Manado,TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Pertanian Minahasa Tenggara (Mitra), Vecky Monigir mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sejumlah program yang digelontorkan pemerintah. 

Salah satunya pemanfaatan KUR pertanian, peternakan dan perkebunan.

Menurutnya, kebijakan ini  untuk meningkatkan produksi pangan.

Ini merupakan peluang bagi petani untuk memanfaatkan program KUR.

Kata dia, pembiayaan melalui KUR ini sangat membantu.

"Dengan adanya kegiatan ini menjadi kesempatan bagi petani untuk mengetahui terkait pembiayaan melalui Bank penyalur," kata dia.

untuk itu dirinya sangat berharap, peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik bukan untuk konsumtif tapi untuk menunjang kegiatan usaha pertanian,peternakan dan perkebunan bagi para petani yang ada di Mitra.

"BPP wajib mendorong kepada Petani Individu ataupun kelompok," kata mantan kadis Perikanan.

Ia menjelaskan untuk sulut disediakan 2 triliun untuk pembiayaan pertanian dan peternakan serta perkebunan. Dimana masyarakat Mitra juga diharapkan mampu memanfaatkan program ini.

"Untuk KUR kecil dan micro tanpa angunan Sesuai aturan karena tujuannya untuk meningkatkan ekonomi di sektor Pertanian, peternakan dan perkebunan,"jelasnya.

lanjut dibeberkannya untuk syarat tentunya akan ada investigasi calon debitur oleh petugas lapangan dan di kirim ke dinas untuk di verifikasi dan selanjutnya diserahkan ke Bank Penyalur KUR Pertanian.

"Nantinya yang akan mengeksekusi adalah pihak Bank Penyalur, dan Sasaran KUR bisa Secara Individu,Poktan dan Gapoktan bantuan ini wajib digunakan sesuai kebutuhan bukan keinginan," tandasnya.

"Pembiayaan KUR dengan bunga rendah serta akan di asuransikan jika ada kerugian akibat bencana dan laiinya agar ketika terjadi gagal panen dapat di klaim," sambungnya.

Untuk itu Petani wajib serius untuk mengelola pembiayaan KUR  Karena instansi terkait yaitu dinas pertanian  dan Petugas Lapangan akan terus mengawasi petani yang mendapatkan bantuan KUR.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved