Berita Minsel

20 Pasangan Suami Istri di Minsel Menerima Produk Istbat Nikah Terpadu Gratis

Pengadilan Agama bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil gelar kegiatan Penyerahan produk sidang istbat

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Chintya Rantung
Isak/Tribun Manado
Penyerahan produk sidang istbat nikah terpadu kepada 20 pasangan suami istri di Minsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID,Manado - Pengadilan Agama bekerjasama dengan Kementerian Agama (KUA Kecamatan Tenga dan KUA kecamatan Tombasian) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan gelar kegiatan Penyerahan produk sidang istbat nikah terpadu.

Kegiatan dilaksanakan di desa Tanamon Utara kecamatan Sinonsayang, kabupaten Minahasa Selatan, Senin (28/03/2022) .

Penyerahan Produk Sidang Itsbat Nikah Terpadu (PSINT) , Berupa salinan penetapan, buku nikah, Kartu Keliarga dan akta kelahiran anak.

PSINT diserahkan kepada 20 pasangan yang berhak mendapatkannya.

Nur Afni Saimimah, SH Ketua Pengadilan Agama dalam sambutannya menyampaikan penyerahan produk sidang istbat nikah diberikan kepada beberapa pasangan berdasarkan putusan sidang yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

"Di KUA kecamatan Tenga, perkara istbat nikah yang terdaftar ada 18 perkara, dengan rincian 14 perkara putus kabul artinya dikabulkan dan 4 putus gugur karena para pihak tidak hadir.

Sedangkan Desa Bajo dan Desa Arakan di KUA Tombasian ada 9 perkara terdaftar, dengan rincian 6 perkara putus kabul, 1 perkara gugur, 2 perkara putus NO atau dinyatakan tidak dapat diterima," papar Nur.

Nur juga menegaskan kalau penyerahan produk Istbat nikah pada kegiatan tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali.

"Produk Istbat nikah terpadu tidak dikenakan biaya kepada yang menerima. Berbeda dengan produk Istbat nikah reguler biaya produk berupa buku nikah, kartu keluarga maupun akte kelahiran itu ditanggung masing-masing," jelas Nur.

Nur berharap agar kegiatan tersebut dapat dilakukan setiap tahun.

"Semoga kegiatan ini dapat dilakukan setahun sekali agar tidak ada lagi pernikahan yang tidak tercatat serta tidak memiliki identitas kependudukan lainnya," kata Nur.

Tidak lupa Nur memberikan apresiasi masyarakat dan pemerintah desa Tanamon Utara sudah mempersiapkan tempat pelaksanaan kegiatan hari ini.

"Sungguh diluar ekspektasi kami, padahal kami hanya minta ijin kegiatan dilakukan di kantor desa tapi sudah disiapkan tenda yang megah juga konsumsi yang banyak seperti diacara pesta pernikahan, salut dengan pemerintah dan masyarakat desa Tanamon Utara," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Minahasa Selatan yang diwakili Kadis Dukcapil Corneles Mononimbar Mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Minahasa Selatan akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehubungan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat termasuk produk Istbat nikah.

Baca juga: Pulau Para Jadi Desa Wisata Andalan Kabupaten Kepulauan Sangihe

Baca juga: Puluhan Rider Terjebak di Hutan Bukaka, Anggota DPRD Boltim Minta Panitia Tanggung Jawab

Baca juga: Pantas Will Smith Mendadak Pukul Chris Rock Saat Piala Oscar 2022, Ternyata Hina Wanita Ini

 

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved