Cerita Alkitab

Kisah Zakheus, Pemungut Cukai yang Bertobat Mengikut Yesus: Yang Kuperas akan Kukembalikan

Zakheus adalah seorang kepala pemungut cukai, yang kaya dan memiliki ukuran badan yang pendek.

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Rhendi Umar
Istimewa
Kisah Zakheus, Si Pendek Pemungut Cukai yang Bertobat Usai Turun dari Pohon Ara 

TRUBUNMANADO.CO.ID - Nama  Zakheus adalah salah satu tokoh yang terbilang populer di Alkitab.

Zakheus adalah seorang kepala pemungut cukai, yang kaya dan memiliki ukuran badan yang pendek.

Cerita yang paling terkenal tentang Zakheus adalah ketika dia menaiki pohon ara untuk melihat Tuhan Yesus datang ke kota Yerikho.

Disitu Yesus memanggil namanya saat dirinya berada di atas pohon.

Hatinya pun gembira, saat Yesus mengatakan akan menginap di rumahnya.


Cerita yang paling terkenal tentang Zakheus adalah ketika dia menaiki pohon ara untuk melihat Tuhan Yesus datang ke kota Yerikho. (Ist)

Zakheus (bahasa Yunani: Ζακχαῖος, "Zakkhaios"; bahasa Ibrani: זכי, zaki, "yang murni dan saleh"; bahasa Aram: Tasai; bahasa Inggris: Zacchaeus) adalah seorang yang hidup pada abad pertama Masehi dan disebut dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen.

Pemungut cukai

Pemungut cukai dibenci oleh sesama orang Yahudi, yang melihat mereka sebagai pengkhianat yang bekerja untuk bangsa penjajah yaitu orang Romawi.

Pada zaman Zakheus, kota Yerikho menjadi pusat produksi dan ekspor untuk "Balsam Mekkah" (bahasa Inggris: balsam of Mecca, atau juga balm of Gilead), sehingga kedudukan Zakheus sebagai kepala pemungut cukai di kota itu tentunya sangat penting dan menghasilkan kekayaan besar.

Perjumpaan dengan Yesus Kristus

Menurut catatan Injil Lukas, dalam perjalanannya yang terakhir kali menuju Yerusalem, Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu.

Zakheus berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.

Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata:

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved