Berita Bolsel

Pemkab Bolsel Gelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2022, Bahas RKPD 2023

Bupati Bolmong Selatan H. Iskandar Kamaru yang di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah

Penulis: Indra Wahyudi Lapa | Editor: Chintya Rantung
Indra lapa/Tribun Manado
Kegiatan Forum perangkat daerah penyusunan RKPD tahun 2023 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Bolmong Selatan H. Iskandar Kamaru yang di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Tahun 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan di aula kantor BapelitBangda, wilayah perkantoran panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Bolsel Sulawesi Utara, Senin (7/2/2022).

Dalam sambutannya, Sekda Arvan Ohy mengatakan bahwa Forum Perangkat Daerah merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017.

“Sebagaimana, tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah, tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

"Serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah,” ujar dia, kepada Tribunmanado.co.id.

Ia menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini, yaitu pertama untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan.

Serta pokok-pokok pikiran DPRD dengan Renja Perangkat Daerah Kabupaten.

Kedua, untuk mempertajam indikator serta evaluasi target kinerja program, kegiatan dan subkegiatan perangkat daerah, sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Ketiga menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan.

Keempat mensinergikan pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Kelima menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

"Dalam rangka memenuhi rumusan perencanaan pembangunan daerah yang transparan, responsive, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, penyusunan RKPD Bolsel Tahun 2023 disusun dengan berbasis pada SIPD," jelasnya

"Sesuai dengan amanat peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 pasal 14 ayat 3. Diharapkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah segera beradaptasi, menyesuaikan diri dengan sistem yang baru ini,"

"Jika pada tahun-tahun sebelumnya kita biasa merencanakan program/kegiatan dengan pagu gelondongan, maka lewat aplikasi SIPD ini tidak bisa lagi seperti itu. semuanya harus harus terinci dengan jelas dan terukur," tutup dia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved