Breaking News:

Berita Politik

6 Politisi Mencuat Bakal diusung PDIP ke DPR RI, Ini Respon DPD PDIP Sulut

PDIP menyiapkan 'dream team' atau tim impian untuk bertarung di Pemilu 2024. Khusus Pemilihan Anggota DPR RI dari dapil Sulut

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
ryo noor/tribun manado
Partai PDIP Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - PDIP menyiapkan 'dream team' atau tim impian untuk bertarung di Pemilu 2024. Khusus Pemilihan Anggota DPR RI dari dapil Sulut kuotanya ada 6 kursi. 

Belakangan mencuat 6 nama sosok yang berpeluang diusung PDIP maju ke DPR RI.

Siapa saja mereka? Ada Rio Dondokambey, Yasti Soepredjo, Vanda Sarundajang, James Sumendap, Wenny Lumentut dan Toni Supit.

Fabian Kaloh, Wakil Ketua DPD PDIP Sulut mengatakan, encuatnya nama-nama tersebut dinilai merupakan analisa-analisa yang muncul di publik. 

"Setahu kita masih wacana, bukan cuma itu, ada nama-nama lain lagi," katanya kepada tribunmanado.co.id, Kamis (27/1/2022).

Kemudian muncul nama-nama ini ke publik itu hal biasa, ada analisa-analisa yang berkembang di publik

Pada waktunya nanti kata Fabian Kaloh mekanisme penjaringan dan penyaringan akan tetap jalan

''Terlalu dini untuk menentukan Calon DPR-RI kalau saat ini," ungkap dia.

Setahunya Ketua DPD PDIP Sulut, Olly Dondokambey belum pernah bicara soal Calon DPR-RI.

Adapun ke 6 sosok yang mencuat diusung PDIP ini bukan figur sembarangan.

Rio Dondokambey, merupakan Putra Gubernur Olly Dondokambey. Namanya lagi melejit sebagai Ketua KADIN Sulut, Ketua DPD KNPI, Ketua KONI Manado, dan Ketua DPD Banteng Muda Indonesia Sulut.

Lalu, Yasti Soepredjo Bupati Bolmong saat ini, merupakan representasi Bolmong Raya. Pernah dua periode menjabat Anggota DPR RI.

Kemudian, Vanda Sarundajang, Anggota DPR RI yang sudah memenangkan 3 seri Pemilu, tahun 2009, 2014 dan 2019. Vanda berstatus incumbent selalu jadi pilihan tak tergantikan di daftar caleg PDIP.

Ada lagi James Sumendap, Bupati Minahasa Tenggara. 2023 nanti James Sumendap akan mengakhiri masa jabatannya. Langkah paling memungkinkan untuk bisa berlaga di panggung nasional Senayan.

Muncul juga nama Wenny Lumentut, Wakil Wali Kota Tomohon. Sosok pengusaha sukses ini memang cukup mengakar di masyarakat. Dua periode berturut-turut Wenny melenggang mulus ke DPRD Sulut. Ia memang Pemilu 2014 dan 2019. Kemudian dicalonkan PDIP menjadi Wakil Wali Kota Tomohon.

Terakhir, sosok Toni Supit, Anggota DPRD Sulut. Toni merupakan representasi dari wilayah Nusa Utara. Dua periode ia menjabat Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Kemudian memilih karir politik selanjutnya di DPRD Sulut. (ryo)

Baca juga: Pengakuan Siwi Widi Soal Tudingan, Mulai Dari Simpanan Bos Garuda, Harta, Hingga Operasi Plastik

Baca juga: Gempa Terkini Pukul 00.24 WIB Jumat 28 Januari 2022, Guncangan di Darat, Ini Magnitudo dan Lokasinya

Baca juga: Oknum Guru SD Hukum Muridnya Makan Sampah Plastik, Gara-gara Ribut di Kelas

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved