Tips

Mencuci Motor Saat Suhu Mesin Masih Panas, Ini yang Akan Terjadi

Info tips sepeda motor. Hindari mencuci sepeda motor saat suhu mesin masih panas. Ini yang akan terjadi jika melakukan hal itu. 

GridOto
Ilustrasi cuci motor 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Info tips sepeda motor

Hindari mencuci sepeda motor saat suhu mesin masih panas. 

Ini yang akan terjadi jika melakukan hal itu. 

Baca juga: Soal Jakarta Internasional Stadium, Anies Baswedan: Lebih Baik dari Old Trafford

Baca juga: Kisah Si Kaya Raya dan Lazarus Miskin, Nasib Berbeda Saat Keduanya Mati, Si Sombong Menderita

Baca juga: Gempa Terkini di Sukabumi Jabar Sabtu 22 Januari 2022, Magnitudo 2.8, Info BMKG

Ilustrasi cuci motor

Ilustrasi cuci motor (Otomania/Stanly)

Sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan, mencuci sepeda motor adalah salah satu usaha merawat dan menjaga kebersihan kendaraan tersebut, terutama saat musim penghujan.

Sayangnya, akibat waktu luang yang minim terkadang pemilik motor kurang memperhatikan waktu pencucian motor yang tepat untuk dilakukan. Meski terkesan sepele, tapi perilaku ini bisa berdampak negatif pada kendaraan kesayangan.

Bagi yang menggunakan jasa cuci kendaraan yang umum ditemui di pinggir jalan, umumnya motor yang akan dicuci langsung dibilas air meski suhu mesin masih panas akibat usai digunakan.

Sebaiknya tindakan semacam ini dihindari dan tidak menjadi kebiasaan. Pasalnya, komponen bermaterial logam pada motor yang masih dalam kondisi panas bisa mengalami ubahan suhu drastis saat langsung terkena air pembilas dengan suhu yang dingin.

Technical Service Sub Departmen Head PT Daya Adicipta Motora Ade Rohman mengatakan, mencuci motor dalam keadaan panas dapat merusak komponen. Hukum fisika menyebutkan saat terjadi perbedaan suhu secara drastis, bisa menimbulkan perubahan. Dalam kasus ini besi atau logam yang rusak.

“Bagi motor yang menggunakan pipa knalpot yang dilapisi krom, kebiasaan tersebut juga dapat mengubah warnanya menjadi kekuningan,” kata Ade kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved