Breaking News:

Berita Sitaro

Lanjutkan Program Vaksinasi, Tim Mobile Dinkes Sitaro Turun ke Terminal Ulu

Dengan angka tersebut, Kabupaten Kepulauan Sitaro telah mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat, yakni sebesar 70 persen.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Octavian Hermanses
Pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Terminal Ulu Siau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoCapaian vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah menyentuh angka 71,1 persen untuk dosis satu dan 68,5 untuk dosis dua.

Dengan angka tersebut, Kabupaten Kepulauan Sitaro telah mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat, yakni sebesar 70 persen.

Namun demikian, capaian itu tak membuat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Sitaro berpuas diri dengan mengendurkan pelaksanaan vaksinasi.

Justru sebaliknya, Tim Mobile Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro kembali melanjutkan pelaksanaan vaksinasi dengan menyambangi Terminal Ulu Siau, Selasa (11/1/2022).

Dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, dr Semuel Raule, Tim Mobile Dinkes berhasil menjaring puluhan orang yang menjadi sasaran vaksinasi, baik untuk dosis satu maupun dosis dua.

"Memang untuk Kabupaten Sitaro sudah sesuai dengan target nasional, yakni 70 persen. Namun kita juga termotivasi mengejar target pemerintah provinsi 80 persen dosis satu," kata Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel Raule.

Selain melakukan vaksinasi mobile di tempat-tempat umum, Raule juga menyebut adanya pelayanan vaksinasi setiap hari oleh seluruh Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Sitaro.

"Tapi dari puskesmas-puskesmas sebagian besar sudah memilih mekanisme pilihan terakhir yakni door to door karena adanya keengganan sebagian masyarakat yang datang untuk divaksin," terang Raule.

Ia pun mengakui, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro tak bisa menyentuh angka 100 persen karena adanya pengecualian bagi 20 persen sasaran.

"Sehingga angka 80 persen yang kita kejar ini sudah sangat bagus, dan kami tetap optimis bisa mencapai angka tersebut," ujarnya.

Apalagi sekarang, sambung Raule, pihaknya sudah akan ketambahan target sasaran vaksinasi karena dalam waktu dekat akan dimulai pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun.

"Sesuai data proyeksi yang ada terdapat sekitar 5.804 anak usia 6-11 tahun yang menjadi target sasaran. Mudah-mudahan bisa dilakukan mulai minggu depan," kuncinya.

Disamping para Tenaga Kesehatan, terlihat juga kehadiran Wakapolres Kepulauan Sitaro, Kompol Haris Bingku yang memantau langsung jalannya pelaksanaan vaksinasi serta sejumlah anggota TNI. (HER) 

 
 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved