Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Selasa 11 Januari 2022, 1 Timotius 5:19 : Jangan Hakimi Hamba Tuhan

Bahkan, jika mereka kedapatan melakukan hal yang tidak baik, bukanlah hak kita untuk menghakimi dan membalasnya. Sebab pembalasan itu adalah hak Tuhan

Editor: Aldi Ponge
YOUTUBE
RENUNGAN FIRMAN KRISTEN 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Di mata rasul Paulus, peran para penatua dalam melayani dan menatalayani pelayanan di jemaat-jemaat mula-mula, sangat penting dan strategis.

Sebab mereka memberi diri sepenuhnya dan berjerih lelah untuk melaksanakan tugas mulia itu. Mereka harus dihormati, didukung dan dibiayai kehidupan jasmani mereka dengan upah yang sepadan. Bahkan dua kali lipat.

Sebagai apresiasi terhadap kinerja para penatua itu, dia meminta Timotius agar tidak menerima tuduhan-tuduhan tertentu kepada mereka yang sudah bersusah payah melayani Tuhan dengan segenap hati. Janganlah menghakimi mereka dengan seenaknya.

"Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." (Mat 7:1-2) Apalagi yang dituduh bahkan dihakimi itu adalah hamba Tuhan.

Memang penatua juga manusia. Ada keterbatasan. Justeru karena itu, Paulus mengingatkan Timotius dan kita semua agar menghargai mereka, melindungi dan mendukung mereka dalam pelayanan secara utuh dan penuh, untuk melengkapi tugas dan panggilan pelayanan para penatua. Bukan justeru mencari-cari kesalahan dan menghakimi mereka yang sudah sangat lelah itu.

Tapi hendaknya kita semua menjadi team work yang kuat dan dahsyat dalam melayani Tuhan. Ketika kita melihat kelemahan dan kekurangan para hamba Tuhan, jangan kita "obral murah" kepada orang-orang, apalagi "orang luar." Tapi hendaklah mereka dilindungi, dihormati/dihargai dan didukung sepenuhnya.

Bahkan, jika mereka kedapatan melakukan hal yang tidak baik, bukanlah hak kita untuk menghakimi dan membalasnya. Sebab pembalasan itu adalah hak Tuhan. Jika mereka telah berdosa, jangan hakimi. Serahkanlah kepada Tuhan, biar nanti Dialah yang akan bertindak membalas menurut cara dan waktu Tuhan. Bukan kita!

"Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan." (Roma 12:19)

Jadi, jika kita mengaku sebagai keluarga dan orang Kristen, tapi masih suka menjelek-jelekkan penatua, diaken, pendeta dan guru agama, maka kita adalah orang Kristen palsu. Maka buktikanlah dan tunjukkanlah keaslian Kekristenan kita dengan turut bersama dalam pelayanan bersama presbiter itu. Dukunglah mereka dan bekerjasamalah dengan mereka dalam jerih juang bersama.

Itulah yang Tuhan kehendaki dalam hidup kita, melayani Dia dengan lebih sungguh lagi. Dengan demikian, kita telah hidup menyenangkan hati Tuhan, dan Dia pasti memberkati kita. Amin

Doa: Tuhan Yesus, pakailah kami sebagai hamba-Mu yang setia yang mendukung semua pelayanan dan penatalayanan gereja, demi kemuliaan-Mu. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved