Breaking News:

Berita Sitaro

75 ASN Pemkab Sitaro Mangkir di Apel Perdana Tahun 2022

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar apel perdana Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022, Senin (3/1/2021)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dokumentasi Bagian Prokopim Setda Sitaro
Apel perdana ASN Pemkab Sitaro yang berlangsung di rumah jabatan bupati 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar apel perdana Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022, Senin (3/1/2021).

Apel yang berlangsung di rumah jabatan bupati di Kelurahan Paseng Kecamatan Siau Barat itu menjadi agenda rutin tahunan pasca libur Natal dan Tahun Baru yang wajib diikuti oleh seluruh ASN.

Namun demikian, dalam pelaksanaan apel yang dipimpin langsung Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen itu, masih ada puluhan pegawai yang tidak hadir.

Data yang diterima tribunmanado.co.id mencatat, sebanyak 75 ASN di lingkungan pemerintah daerah mangkir dalam apel perdana tersebut dengan beragam keterangan.

"Jumlah keseluruhan pegawai negeri Pemkab Sitaro sebanyak 1.020 orang. Yang hadir dalam apel perdana 945 orang, selebihnya tidak hadir," beber Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sitaro, Stengly Langi.

Dari laporan tiap-tiap perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diterima dalam apel perdana diketahui keterangan para ASN yang mangkir tersebut.

"Yang tidak hadir itu tujuh orang sakit, lima izin, 11 cuti, tiga tugas belajar dan 49 sisanya tanpa keterangan atau TK," urai Langi.

Terhadap mereka yang mangkir tanpa keterangan yang jelas, Langi memastikan akan ada sanksi disiplin sebagaimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin PNS.

"Sanksinya berupa pemotongan TPP sebesar 50 persen dan teguran secara lisan maupun tertulis," lanjutnya.

Ditanyakan apakah dalam daftar ASN yang mangkir tersebut terdapat nama pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II, Langi memastikan tidak ada.

"Dari kalangan pejabat, khususnya pimpinan OPD semuanya lengkap hadir dalam apel perdana tadi pagi," sebutnya.

Dia menambahkan, pemberlakuan sanksi disiplin menjadi hal wajib untuk diterapkan kepada para ASN yang mangkir dalam apel perdana.

"Supaya ada efek jerah bagi mereka yang tidak hadir tanpa keterangan," kunci Langi.

Hadir dalam apel perdana tersebut antara lain Bupati Evangelian Sasingen, Wakil Bupati John Palandung, Sekretaris Daerah Herry Bogar bersama para Asisten Sekda, pimpinan OPD dan ratusan ASN. (HER)

Tentang Sitaro

Sitaro adalah singkatan dari Siau Tagulandang Biaro.

Sitaro merupakan salah satu Kabupaten Kepulauan di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. 

Kabupaten yang beribukota di Ondong Siau ini memiliki luas total 275,96 km2.

Jarak Siau ke Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara 146 Kilometer, dengan waktu tempuh 4 jam naik kapal dari Pelabuhan Manado.

Di Sitaro ada Gunung Karangetang.

Salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Saat ini kabupaten ini dipimpin oleh Bupati Sitaro Evangelian Sasingen serta Wakil Bupati John Heit Palandung.(HER)

Baca juga: Dugaan Korupsi Tunjangan DPRD Manado Belum Ada Tersangka

Baca juga: Peringatan Dini Besok Selasa 4 Januari 2022, BMKG: Ini 28 Wilayah Patut Waspada Alami Cuaca Ekstrem

Baca juga: Bacaan Alkitab Penyakit Bersilat Kata dan Cinta Uang:  Asal Ada Makanan dan Pakaian, Cukuplah

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved