Breaking News:

Berita Sangihe

Akses Jalan yang Tertimbun Longsor Di Kabupaten Sangihe Sudah Bisa Dilalui

Hujan deras yang terjadi pada Kamis (23/12/2021) pekan lalu, mengakibatkan longsor disejumlah titik ruas jalan utama Tahuna-Manganitu

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Neltiy Manamuri/Tribun Manado
Pembersihan jalan Tahuna - Tabukan Utara dengan menggunakan alat berat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Hujan deras yang terjadi pada Kamis (23/12/2021) pekan lalu, mengakibatkan longsor disejumlah titik ruas jalan utama Tahuna-Manganitu, Tahuna-Tabukan Utara sekaligus mengakibatkan akses untuk ke ibu Kota Kepulauan Sangihe terputus.

Akses jalan yang terputus ini menyebabkan lumpuhnya aktivitas masyarakata yang ingin berbelanja khususnya dalam menyambut Hari Natal dan Tahun Baru.

Terpantau pada Rabu, (29/12/2021) akses jalan yang menghubungkan Tahuna-Manganitu dan Tahuna- Tabukan Utara sudah bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Terpisah saat ditemui camat Manganitu Julian Pesik mengatakan, lamanya penanganan longsor dikarenakan banyaknya material longsor pada tiga titik dimana pada dua titik seluruh badan jalan tertutup material.

“Longsor di tiga titik, titik 1 sekitar 10 Meter, setengah badan Jalan, titik 2 kurang lebih 25 Meter, menutupi seluruh badan jalan dan tiik 3 sekitar 50 Meter, menutupi seluruh badan Jalan,” ungkap Julian.

Sementara untuk mempercepat penanganan terbukanya akses jalan, Tim Pemkab Sangihe melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dibantu TNI, Polri telah melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat.

“Sebelum terbukanya akses jalan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat terpaksa menggunakan jalur alternatif jalan Kampung Bakalaeng, Tawoali, Lesa,” tutur camat.

“Kami mengimbau bagi pengguna jalan untuk hati hati mengingat kondisi jalan yang masih licin dan waspada terhadap kondisi cuaca dan potensi longsor susulan,” sambung Pesik.(nel)

Tentang Sangihe

Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000.

Ibu kota kabupaten ini adalah Tahuna. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 736,98 km².

Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak di antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Mindanao, (Filipina) serta berada di bibir Samudera Pasifik.

Wilayah kabupaten ini meliputi 3 klaster, yaitu Klaster Tatoareng, Klaster Sangihe dan Klaster Perbatasan, yang memiliki batas perairan internasional dengan provinsi Davao del Sur, Filipina.

Saat ini Kabupaten Kepulauan Sangihe dipimpin oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana. (Nel)

Baca juga: Hotman Paris Janjikan Bonus 1 Miliar untuk Timnas Indonesia Bila Berhasil Bawa Pulang Piala AFF 2020

Baca juga: Wagub Sulut Steven Kandouw Yakin Indonesia Gulung Thailand, Skor 2-0

Baca juga: Nelayan Asal Talaud Ditemukan Selamat di Maluku Utara, Sempat Hilang di Laut Bebas Selama 5 Hari

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved