Breaking News:

Berita Talaud

Nelayan Asal Talaud Ditemukan Selamat di Maluku Utara, Sempat Hilang di Laut Bebas Selama 5 Hari

Seorang Nelayan Asal Talaud bernama Arman Lado (46) Tahun Warga Desa Sere, Kecamatan Kalongan Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Chintya Rantung
Ist/Polsek Lirung
Nelayan Talaud terdampar di Maluku Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Seorang Nelayan Asal Talaud bernama Arman Lado (46) Tahun Warga Desa Sere, Kecamatan Kalongan Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara, ditemukan selamat di Perairan Maluku Utara,tepatnya di Kabupaten Morotai setelah sempat dinyatakan menghilang saat melaut, Kamis (23/12/2021).

Korban ditemukan Nelayan Maluku Selasa (28/12/2021) setelah terapung di Lautan Selama hampir seminggu diperairan Morotai dengan kondisi lemas karna kehabisan stok makanan.

Korban ditemukan bersama dengan perahunya yang dalam keadaan rusak.

Berdasarkan Informasi pihak kepolisian korban akhirnya dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan untuk memulihkan kondisinya yang lemas karena kehabisan tenaga dan kelaparan.

Kapolsek Lirung AKP Ferry Padama saat dikonfirmasi Tribun Manado, mengatakan keadaan korban sudah membaik dan rencanannya korban siap diberangkatkan ke Talaud.

Dijelaskannya, pada Kamis (23/12/2021) korban pamitan ke istrinya untuk pergi melaut dengan menggunakan perahu tradisional Jenis (Pamboat) korban mengaku mengalami kerusakan mesin akibat diterjang angin dan ombak dan pada akhirnya ditemukan di perairan Morotai tepatnya di Desa Libano Maluku Utara dengan keadaan selamat.

Menyikapi hal tersebut Kapolsek Lirung AKP Ferry Padama menghimbau kepada seluruh masyarakat terlebih khusus yang melaksanakan aktivitas di Talaud untuk tetap waspada akan perubahan cuaca akhir akhir ini.

"Jika keadaan laut tak memungkinkan untuk melaut, diharapkan untuk mengurun niatnya pergi melaut agar terhindar dari ancaman kecelakaan laut," ungkap Padama.(Iv)

Tentang Talaud

Talaud adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, dan merupakan kepulauan paling utara di Indonesia Timur. 

Kabupaten yang beribukota Melonguane ini berbatasan dengan daerah Davao del Sur, Negara Filipina di sebelah utara. 

Luas laut Kabupaten Talaud sekitar 37.800 km² dan luas wilayah daratan 1.251,02 km².

Dari Melonguane ke Kota Manado berjarak 350 km, sekitar 14 jam perjalanan lewat laut dan 1 jam lebih perjalanan dengan pesawat.

Terdapat tiga pulau utama di Kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan.

Saat ini Kabupaten Talaud dipimpin oleh Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut atau Elly Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga. (Iv)

Baca juga: Gubernur Anies Ungkap Suami Istri Terdeteksi Varian Omricon di Jakarta, Pasien Sempat dari Medan

Baca juga: Pasangan Suami Istri Tertimpa Pohon saat Mau Pulang, Suami Meninggal di Tempat

Baca juga: Live Streaming TV Online RCTI, Indonesia vs Thailand Final Leg I Piala AFF 2020 Malam Ini, Gratis

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved