Berita Bitung

Puluhan Anak di Bitung Ikut Vaksinasi Massal yang Dilakukan BIN, Chimsu Rilisia: Tidak Takut

Ekspresi datar, diperlihatkan sejumlah anak sekolah dasar (SD) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) ketika menerika suntikan vaksin

christian wayongkere/tribun manado
Pelaksanaan vaksin untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di kota Bitung, 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Ekspresi datar, diperlihatkan sejumlah anak sekolah dasar (SD) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) ketika menerika suntikan vaksin, Selasa (14/12/2021).

Puluhan anak usia 6 sampai 11 tahun, di kota Bitung meneri suntikan vaksin jenis Sinovac dalam launching vaksinasi anak di ruang usaha kesehatan sekolah (UKS) SD GMIM 23 Girian Atas.

Vaksin untuk anak usia 6 – 11 tahun, dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN), Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Darurat Covid, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung dan SD GMIM 23 Girian Atas.

Dari pantauan di lapangan, pelaksanaan vaksin ke anak usia 6 sampai 11 tahun berlangsung seperti pelaksanaan pada orang dewasa.

Sebelum di vaksin, anak-anak yang didampingi orang tua dan guru harus memasukkan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, lalu dilakukan screaning atau pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan screaning oleh dokter.

Lalu tiba saat penyintikan, dilakukan oleh seoran tenaga medis dari rumah sakit darurat covid kota Bitung.

Beberapa diantara anak yang di vaksin mengaku sempat merasakan perih saat di vaksin. “Agak sedikit sakit,” kata Chimsu Rilisia (9) siswa di SD GMIM 23 Girian Atas.

Chimsu Rilisia yang datang ke sekolah tempat pelaksanaan vaksin, bersama dengan omanya telah disampaikan dan diberi tau oleh guru di sekolah dan dirinya mengaku tidak merasa takut sama sekali.

Sementara itu menurut orang tua siswa, vaksin untuk anak usia 6 sampai 11 tahun sangat bagus agar supaya ketika mereka bermain di luar rumah dan bergaul dengan teman-teman bisa tejaga dari virus.

“Anak saya yang divaksin usia sembilan tahun, anak ketiga saya,” tutur Masdiati warga kompleks Blok M Kelurahan Girian Atas.

Terpisah Laksma TNI Adriyansyah Kabinda Sulut, dalam keterangannya bilang untuk pelaksanaan vaksinasi ke anak usia 6 – 11 tahun sesuai keputusan dari Menteri kesehatan Republik Indonesia.

“Hari ini pelaksanaan vaksin anak 6 sampai 11 tahun di SD GMIM Girian Atas Bitung. Sedangkan untuk vaksinasi massal yang dilakukan BIN Sulut, sudah berlangsung sejak bulan November 2021 hingga saat ini mencapai 25.500 orang yang divaksin tahap pertama. Dan tahap II mencapai 9 ribu dari target 14 ribu,” tutur Laksma TNI Adriyansyah.

Lanjut Laksma TNI Adriyansyah, pelaksanaan vaksin ke anak usia 6 sampai 11 tahun akan dilaksanakan di enam kabupaten kota di provinsi Sulut.

Ada kota Bitung, kota Tomohon, Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Minut dan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).(crz)

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved