Breaking News:

Berita Talaud

Status Level 2 Gunung Awu Sangihe, Wabup Talaud: Masyarakat Diimbau Waspada

Diketahui Hubungan antara dua kabupaten yang berada di wilayah perbatasan NKRI saat ini terjalin dengan baik dan saling berdekatan wilayah perairan.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Wabup Talaud
Aktivitas gunung Awu di Kabupaten Sangihe, Minggu (12/12/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Wakil Bupati Talaud Moktar Arunde Parapaga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tetap berdoa agar dijauhi dari segala bencana.

Imbauan ini dikeluarkan Wabup Moktar Arunde Parapaga pasca pemberlakuan status level 2 (waspada erupsi) aktivitas gunung Awu di Kabupaten Sangihe oleh Badan Geologi Kementerian ESDM, Minggu (12/12/2021).

Diketahui Hubungan antara dua kabupaten yang berada di wilayah perbatasan NKRI saat ini terjalin dengan baik dan saling berdekatan wilayah perairan.

Dulunya dua wilayah kepulauan ini bersatu dalam satu pemerintahan yaitu Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud sebelum dimemarkan menjadi dua kabupaten. 

Bentuk rasa kekeluargaan masih melekat pada masyarakat Sangihe dan Talaud.

Menyikapi hal tersebut pemerintah kabupaten Talaud tetap mengimbau juga kepada masyarakatnya agar tetap waspada dengan adanya peningkatan status gunung Awu. 

Minggu (12/12/2021) sekitar pukul 12.00 Wita Gunung Awu menunjukan aktivitas.

Dengan mempertimbangkan hasil pemantauan terkini dan analisis potensi bahayanya, tingkat aktivitas Gunung Awu dinaikkan dari level 1 normal, menjadi level 2 waspada. 

Sementara itu Kepala pos pemantau gunung Awu Subandriyo K Puyo saat dihubungi Tribun Manado mengatakan saat ini  gunung Awu tengah dipantau juga oleh pusat vulkanologi.

"Selain itu pemantauan aktivitas gunung Awu juga dilakukan oleh empat pengamat yang dilakukan 24 jam setiap harinya," ujar dia. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved