Breaking News:

Berita Sangihe

Gunung Awu di Sangihe Status Waspada, Paling Mematikan Keempat di Indonesia

Status Gunung Awu di Pulau Sangihe, Provinsi Sulut dinaikkan dari level I normal ke level II, waspada.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dok. PVMBG
Gunung Awu di Pulau Sangihe, Sulut naik status dari level I normal ke level II waspada per Minggu (12/12/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Status Gunung Awu di Pulau Sangihe, Provinsi Sulut dinaikkan dari level I normal ke level II, waspada.

Perubahan status ini terhitung mulai Minggu 12 Desember 2021 pukul 12.00 Wita.

Gunung Awu memiliki interval erupsi berkisar antara 1 hingga 101 tahun. Gunung Awu memiliki potensi erupsi dengan eksplosivitas tinggi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan dalam keterangan ke Tribunmanado.co.id, Gunung Awu secara historis termasuk gunung api yang paling banyak mengakibatkan korban jiwa di antara gunung api lainnya di Sulut.

Gunung Awu paling mematikan keempat di Indonesia setelah Gunung Tambora; Gunung Krakatau dan Gunung Kelud, dengan total setidaknya 5.301 korban jiwa.

Gunung Awu tercatat mengalami erupsi terakhirnya pada Juni 2004 dan menghasilkan kolom erupsi setinggi 2 kilometer di atas puncak dan menyisakan kubah lava di dalam kawahnya.

Kubah lava ini memiliki diameter sekitar 370 meter dan tinggi sekitar 30 meter.

Subkoordinator Mitigasi Gunungapi Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana menjelaskan, peningkatan status ini berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya

"Sehubungan dengan kenaikan tingkat aktivitas Gunung Awu menjadi Level II waspada kami merekomendasikan, mengimbau masyarakat, pengunjung atau wisatAan agar tak mendekati, tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah gunung," kata Devy kepada Tribunmanado.co.id, Senin (13/12/2021).

Katanya, masyarakat di sekitar Gunung Awu diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved