Breaking News:

Berita Sulut

Kadis Kominfo Sulut Steven Liow Motivasi Mahasiswa KKN UTSU Manado

Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) menggelar kuliah umum sebagai rangkaian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XIV di Manado

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
IST/UTSU
UTSU menggelar kuliah umum sebagai rangkaian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XIV 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) menggelar kuliah umum sebagai rangkaian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XIV di Gedung Aquino, Kota Manado, Rabu (8/12/2021).

Kuliah umum kali ini menghadirkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Daerah Sulut, Evans Steven Liow.

Tema diangkat Membangun Hubungan Mutualisme Antar Lembaga Pemerintahan dengan Pihak Kampus.

"Bapak pernah kuliah? Pasti dong. Bisa bapak sharing pengalaman dengan adik-adik mahasiswa KKN ini?" ujar Ketua Panitia KKN, Henny Tumbelaka.

Steven Liow lantas langsung flashback ke masa-masa ketika berkuliah di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Yogyakarta.

Di kampus, Steven Liow mengaku aktif terlibat dalam kegiatan kampus dan menjadi aktifis.

Menurut Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Sulut itu, hal terpenting bagi seseorang adalah memiliki kecakapan berkomunikasi dalam membangun human relation.

"Kemampuan berbicara ini menentukan. Jadilah komunikator handal. Di mana kalian berada, harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Selanjutnya, punya kemampuan menganalisis masalah, mengidentifikasi masalah," kata dia.

Steven Liow menjelaskan, gunakan analogi seperti pohon, cari mulai dari akar masalah, batang, cabang, daun, buah masalah itu lalu cari solusiSteven Liow.

Ia mengingatkan para mahasiswa untuk mengolah kemampuan dalam merencanakan sesuatu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved