Breaking News:

Berita Sitaro

BPBD Sitaro Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Cuaca Ekstrem

Sejumlah rumah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami kerusakan pasca terjangan cuaca ekstrem

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Penyerahan bantuan bagi warga oleh pihak BPBD Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sejumlah rumah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami kerusakan pasca terjangan cuaca ekstrem berupa angin kencang yang disertai hujan beberapa waktu lalu.

Dari informasi yang diperoleh wartawan, sedikitnya enam unit rumah mengalami kerusakan di bagian atap bangunan karena tiupan angin kencang serta tertimpa pohon yang tumbang.

Atas kejadian tersebut, sedikitnya 20 jiwa yang di dalamnya terdapat satu bayi dan satu lansia harus mengungsi di rumah kerabat mereka.

Gerak cepat pun langsung diambil pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro dengan menyerahkan sejumlah bantuan sebagai bentuk penanganan darurat.

Adapun jenis-jenis bantuan yang diberikan bagi warga terdampak cuaca ekstrem tersebut antara lain bahan makanan berupa beras, mie instan, telur, air mineral, kopi, gula pasir serta peralatan tidur seperti matras, selimut, tikar dan peralatan kebersihan hingga perlengkapan bayi.

“Nantinya akan ada bantuan stimulant untuk keperluan perbaikan kerusakan rumah,” kata Sekretaris BPBD Sitaro, Ronny Romansyah kepada tribunmanado.co.id, Kamis (9/12/2021)

Untuk keperluan bantuan stimula dimaksud, Ronny menyebut pihaknya akan menunggu laporan dari Pemerintah Kelurahan atau Pemerintah Kampung yang ditindaklanjuti dengan verifikasi lapangan.

“Petugas akan melakukan pendataan di setiap rumah yang mengalami kerusakan. Hasil pendataan dan laporan pemerintah kelurahan dan kampung akan menjadi dasar dalam penyaluran bantuan,” terangnya.

Sebelumnya Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen menyatakan rasa prihatinya terhadap musibah yang dialami sejumlah masyarakat.

Atas peristiwa ini, bupati meminta jajarannya untuk bergerak cepat melakukan penanganan dengan membantu masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan.

"Secepatnya ambil langkah untuk membantu masyarakat. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama dalam hal penanganan bencana," ujar Sasingen.

Dalam kondisi cuaca buruk seperti saat ini, bupati meminta seluruh masyarakat untuk lebih waspada dengan memperhatikan perkembangan cuaca saat hendak beraktivitas.

"Bagi kepala-kepala wilayah, baik Camat, Lurah dan Kapitalau harap rutin melakukan monitoring di wilayah masing-masing. Segera ambil langkah ketika terjadi sesuatu akibat cuaca buruk ini," kunci bupati. (HER)

Baca juga: Hasil Indonesia vs Kamboja Piala AFF 2020 Grup B, Tim Garuda Pesta Gol ke Gawang Kimhuy Hul

Baca juga: Sejumlah Wartawan di Kota Cakalang, Beri Kejutan untuk Ellen Sondakh Istri Wawali Bitung

Baca juga: Jelang Hari Raya Nataru, Penjual Cabo Pasar Bersehati Manado Raup Keuntungan

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved