Breaking News:

Berita Minahasa

BPJS Kesehatan Tondano Gelar Sosialiasi Penyetoran Iuran Wajib bagi Tenaga Pendidik ASN di Minahasa

Albert Christian Kepala Bidang Perluasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Tondano mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi kepada tenaga pendidik.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
BPJS Tondano menggelar kegiatan sosialisasi Penyetoran Iuran Wajib kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Tenaga Pendidik di Kabupaten Minahasa, dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan, Tondano, Jumat (3/12/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - BPJS Tondano menggelar kegiatan sosialisasi Penyetoran Iuran Wajib kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Tenaga Pendidik di Kabupaten Minahasa, dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan, Tondano, Jumat (3/12/2021).

Kegiatan ini dibagi dalam 2 sesi yang diikuti oleh Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Minahasa.

Albert Christian Kepala Bidang Perluasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Tondano mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi kepada tenaga pendidik ASN, dimana ada kewajiban pemotongan iuran berjumlah 1 persen.

"Yang komponennya diambil dari sertifikasi guru, atau semua tunjangan yang melekat di pagu anggaran itu menjadi kewajiban untuk disetorkan," jelas Albert Christian kepada Tribunmanado.co.id

Sementara itu, Kepala Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Ajat Jakaria mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga berkaitan dengan sosialiasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2020 tentang Penyetoran Iuran Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja Penerima Upah di Lingkungan Pemerintah Daerah.

"Di mana belum adanya pengaturan atau regulasi tentang penyetoran iuran jaminan kesehatan bagi pekerja, serta belum adanya aturan yang memadai mengenai penganggaran dan setoran bagi PPU," jelas Jakaria. 

Oleh karena itu, jaminan kesehatan ini merupakan perlindungan kesehatan dengan memperoleh manfaat dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan kepada setiap orang yang telah membayar iuran jaminan kesehatan dan bagi pekerja penerima upah dari pemerintah daerah. 

"untuk besaran iuran jaminan kesehatan bagi peserta PPU dilingkungan Pemda yakni 5 persen dari gaji atau upah per bulan, dengan rincian 4 persen dibayarkan oleh pemerintah dan 1 persen dibayarkan oleh pekerja," terang Jakaria.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Tommy Wuwungan menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang boleh melaksanakan sosialisasi terkait pemotongan Iuran bagi tenaga pendidik di Minahasa serta Permendagri No 70 tahun 2020. 

"Diharapkan para peserta khususnya tenaga pendidik ASN bisa mendapatkan manfaat dan pemahaman tentang sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Tondano ini," tutup Kadis Pendidikan Minahasa.

Tentang Minahasa

Kabupaten Minahasa adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tondano, dengan luas wilayah kabupaten 1.025,85 km².

Kabupaten Minahasa memiliki 25 kecamatan, 43 kelurahan dan 227 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara.

Saat ini Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Bupati Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey.

Baca juga: 4 Zodiak Ini Dikenal Paling Gampang Beradaptasi dan Suka Mencoba Hal Baru, Zodiakmu Termasuk?

Baca juga: PT Pos Gandeng Pemprov Sulut, BUMN dan BUMD Kerja Sama Tingkatkan Layanan Masyarakat

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Talaud, Truk Ekspedisi Bermuatan Hasil Bumi Terlantar

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved