Minut Maju

Smart Green Campaign 2021 School of Strategic and Global Studies UI, Joune Presentasikan 7 Poin

Bupati Minahasa Utara Bapak Joune JE Ganda SE Mengikuti Smart Green Campaign 2021 Ancaman Perubahan Iklim dan Pemanasan Global memang nyata

Editor: David_Kusuma
Istimewa
Smart Green Campaign 2021 School of Strategic and Global Studies UI 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Minahasa Utara Bapak Joune JE Ganda SE Mengikuti Smart Green Campaign 2021, Ancaman Perubahan Iklim dan Pemanasan Global memang nyata, Kamis (2/12/2021).

Keberlanjutan dan merespon isu perubahan iklim seharusnya tidak menjadi kebijakan yang berdiri sendiri, melainkan strategi utama yang berdampak pada semua tindakan dan tanggung jawab semua aktor.

SSGS Ul bersama UCSI University memprakarsai Kampanye Virtual CSR, yang bertujuan untuk membantu planet ini sekaligus dengan melaporkan berita lingkungan yang menginspirasi masyarakat luas untuk berbagi tindakan.

Kampanye ini menawarkan berbagi diskusi intelektual tentang praktik terbaik Smart Green di antara akademisi, pembuat kebijakan, dan NG0 kepada masyarakat online di dua Negara; Indonesia dan Malaysia.

Tujuan webinar ini adalah untuk memaparkan cara untuk mencegah Ancaman Perubahan Iklim dan Pemanasan Global .

Dalam kegiatan itu Bupati Minut mempresentasikan 7 point utama dalam program GO Green Minahasa Utara yaitu pertama Gerakan Jaga Kebersihan Wilayah dan Lingkungan (Gerakan JG-KWL).

Kedua Penanaman Pohon, ketiga Pembatasan Penggunaan Kertas, keempat Efisiensi Penggunaan Energi dan Air serta mendorong penggunaan Renewble Energy.

Penambahan Daerah Tutupan Lahan keenam Program Kampung Iklim dan ketuju Tim Tanggap Sampah Daerah.

Baca juga: Pemkab Minut Pacu Vaksinasi di Desember, Gelar Rakor Libatkan Semua Kelompok Masyarakat

Gerakan Jaga Kebersihan Wilayah dan Lingkungan (Gerakan JG-KWL) dikatakan Bupati Minut adalah Instruksi Bupati Minut Nomor 44 Tahun 2021. Kegiatannya yakni Jumat Pagi Jaga Kebersihan Wilayah dan Lingkungan (Jumpa JG-KWL). Budaya 4D (Dilihat, Dipungut, Dipilah dan Dibuang) sampah pada tempatnya.

Pengurangan penggunaan kantong plastik dan pelaksanaan 3R. Pembentukan Bank Sampah dan Rumah Kompos disetiap desa dan sekolah.

Penyediaan tong sampah terpilah. Penambahan ruang terbuka hijau disetiap perkantoran dan kegiatan usaha di Kabupaten Minahasa Utara

Kemudian Penanaman Pohon. Ini Peraturan Bupati Minahasa Utara Nomor 42 Tahun 2017 mewajibkan setiap pasangan yang akan menikah di Kabupaten Minahasa Utara untuk menanam 1 buah pohon sebagai kelengkapan pengurusan administrasi di
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selanjutnya Pembatasan Penggunaan Kertas antara lain Pengurangan Anggaran Belanja Alat Tulis Kantor (ATK) Mengganti secara elektronik atau online. Tanda tangan elektronik Kerjasama Pemkab Minut dgn BSSN ( sudah MoU), tinggal menunggu pelatihan dari BSSN. Pembuatan undangan, Pencatatan Buku-buku agenda dilakukan secara elektronik.

Memanfaatkan kembali kertas/dokumen yang salah cetak, untuk membuat produk-produk lainnya, misalnya pencetakan konsep surat, dibuat notes/buku corat-coret, atau bahkan dimanfaatkan untuk cover buku/hard cover

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved