Techno

Tips Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui WhatsApp dari HP, Ini Caranya

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp telah meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Editor: Frandi Piring
Istimewa Via TribunKaltim.co
WhatsApp. Begini cara mengembalikan chat yang sudah terhapus. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp telah meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Melalui aplikasi Chatbot Whatsapp PeduliLindungi, saat ini Sertifikat Vaksin Covid-19 bisa diunduh atau di-download melalui WhatsApp dari handphone.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat sempat dibuat heboh dengan berita terkait jasa cetak sertifikat vaksin Covid-19, sehingga akhirnya pihak kepolisian pun turun tangan.

Munculnya jasa cetak sertifikat vaksin Covid-19 di masyarakat itu boleh jadi hanyalah hukum supply and demand,  yaitu di mana ada permintaan di situ ada penawaran.

Selain itu sebagai respon atas sulitnya mengunduh sertifikat vaksin Covid-19, apalagi bagi mereka yang gaptek dengan dunia digital.

Sejumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi mengeluhkan perihal sulitnya mengunduh sertifikat vaksin Covid-19.

Sementara, Sertifikat Covid-19 ini kerap diminta sebagai syarat mobilitas penduduk, seperti menaiki kendaraan umum jarak jauh, masuk mall atau masuk ke perkantoran.

Merespon hal tersebut, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan aplikasi bertukar pesan WhatsApp meluncurkan Chatbot Whatsapp PeduliLindungi.

Dengan mengirimkan pesan ke 0811 1050 0567 (Kemenkes RI), pengguna WhatsApp bisa mendapatkan sejumlah kemudahan berkaitan dengan informasi vaksinasi.

Di antara fitur yang bisa dimanfaatkan melalui chatbot ini adalah:

- Mengunduh atau download sertifikat vaksin Covid-19,

- Melihat status vaksinasi Covid-19,

- Mengubah info diri.

Sebelum menggunakan fitur tersebut, pastikan untuk mengantongi nama, nomor handphone, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang digunakan saat mendaftar vaksinasi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved