Breaking News:

RHK Kamis 18 November 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA Yakobus 1:6a - Berdoa Dengan Yakin

Ada orang yang bertanya bagaimana cara berdoa yang benar? Pertanyaan ini patut direnungan sebab masih banyak warga gereja

Editor: Aswin_Lumintang
ilustrasi 

Yakobus 1:6a
"Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang,"
---------------------------------------------

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada orang yang bertanya bagaimana cara berdoa yang benar? Pertanyaan ini patut direnungan sebab masih banyak warga gereja yang kurang memahami tentang cara berdoa yang benar. Ada yang menjadikan doa sebagai sarana peruntungan, yakni berdoa hanya untuk memperoleh keuntungan saja.

Ada juga yang berdoa sebagai pengganti setelah sudah kemana-mana mencari pertolongan dan tidak berhasil. Ada juga yang berdoa hanya sekedar menunjukkan kesalehan diri pada orang lain. Jadi cara berdoa yang manakah yang benar?

Yakobus mengajarkan kita tentang cara berdoa yang benar yaitu dengan memintanya dalam iman dengan penuh keyakinan atau tidak ada kebimbangan sedikitpun. Bagaimana berdoa dengan yakin?

Pertama, kita yakin bahwa apa yang kita minta benar, memang sepatutnya. Apa yang kita minta itu disenangi Tuhan. Kita tidak boleh sembarangan meminta, tapi harus yakin betul bahwa itu adalah permintaan yang benar.

Kedua, kita harus ingat bahwa Tuhan itu berkuasa dan bisa memberikan apa pun kalau Dia mau. Dengan demikian, kita bisa meminta kepada-Nya dengan penuh keyakinan, sekaligus berserah kepada-Nya. Ingat, doa itu bukan sarana memaksa, membujuk atau mengancam Tuhan supaya Dia memenuhi semua permintaan kita. Berdoa dengan yakin adalah berdoa dengan tidak ada kebimbangan sekaligus berserah kepada Allah.

Sebagai keluarga Kristen, kita dididik bukan hanya bisa berdoa dan mengucapkan doa, tapi kita juga dapat melakukan doa yang benar. Doa yang benar tidak ditentukan oleh indahnya kita berkata-kata, tapi terletak pada kesungguhan iman yang yakin dan penuh penyerahan kepada Allah. Jadi dalam hal berdoa, bagian kita adalah meminta atau memohon kepada Allah dengan yakin, sedangkan bagian Tuhan adalah menilai dan menjawab sesuai dengan kehendak-Nya. Amin.

DOA: Ya Tuhan kami, perkenankanlan kami anak-anakMu untuk selalu berdoa dengan keyakinan iman dan penuh penyerahan diri kepada Allah. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved