Breaking News:

Profil Tokoh

Mengenal Para Ketua dan Anggota Komisi di DPRD Sitaro

DPRD sendiri merupakan lembaga legislatif dengan beranggotakan para perwakilan partai politik yang terpilih melalui Pemilihan Umum.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi Setwan Sitaro
Ketua Komisi I Evenson Liempepas, Ketua Komisi II Harles Bawole, Ketua Komisi III Hans Kalangit. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah di provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia.

DPRD sendiri merupakan lembaga legislatif dengan beranggotakan para perwakilan partai politik yang terpilih melalui Pemilihan Umum.

Setiap lembaga DPRD dilengkapi Alat Kelengkapan Dewan (AKD), seperti pimpinan dewan, komisi, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Badan Kehormatan hingga alat kelengkapan lain yang diperlukan dan dibentuk lewat rapat paripurna.

Di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), jumlah anggota DPRD sebanyak 20 orang dan terdiri dari lima perwakilan partai politik, masing-masing PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Perindo dan Partai Gerindra.

Dari komposisi yang ada, DPRD Kabupaten Sitaro dilengkapi tiga komisi, yakni Komisi I yang menangani Bidang Pemerintahan, Komisi II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat dan Komisi III membidangi Ekonomi dan Keuangan.

Berikut daftar Ketua-Ketua Komisi di DPRD Sitaro:

1. Evenson Liempepas (Ketua Komisi I)

Evenson Liempepas merupakan politis Partai Nasdem kelahiran Ulu Siau, 6 September 1983. Sebelum menjadi anggota DPRD Sitaro periode 2019-2024, suami dari Oktivan Irma Kuera ini juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD masa bhakti 2009-2014 dari Partai Golkar. Politisi yang kini bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan ini masuk dari dapil I (Siau Barat, Siau Tengah, Siau Barat Selatan dan Siau Barat Utara).

2. Harles Bawole (Ketua Komisi II)

Pria kelahiran Haasi, 16 November 1968 ini adalah anggota DPRD dari daerah pemilihan III (Tagulandang dan Biaro) yang sukses masuk parlemen melalui kendaraan politik PDI Perjuangan. Suami Astri Ariadni ini juga pernah menduduki posisi yang sama sebagai anggota dewan periode 2009-2014 dari Partai Demokrasi Pembaaruan (PDP).

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved