Breaking News:

Berita Sitaro

Wabup Sitaro John Palandung Ingatkan Panitia Pilkades Bersikap Netral

Sebanyak 31 Kampung di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan melakukan Pemilihan Kepala Desa atau Kapitalau (Pilkades)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Wabup John Palandung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 31 Kampung di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan melakukan Pemilihan Kepala Desa atau Kapitalau (Pilkades) secara serentak pada 24 November 2021 mendatang.

Terkait pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro telah membentuk Panitia Pemilihan, baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Kampung.

Tak hanya itu, pemerintah daerah juga membentuk Sub Panitia Kecamatan yang bertugas melakukan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di setiap tahapan pelaksanaan Pilkades serentak.

Adapun beberapa tugas pokok dan fungsi Panitia Kabupaten antara lain merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan semua tahapan pemilihan tingkat kabupaten, melakukan bimbingan teknis terkait pemilihan kepala desa kepada panitia tingkat kampung, hingga melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan dalam ajang Pilkades ini.

Sementara Panitia Pemilihan Tingkat Kampung yang selanjurnya disebut Panitia Pemilihan diberikan kewenangan untuk merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengawasi dan mengendalikan setiap tahapan pelaksanaan pemilihan, merencanakan dan mengajukan biaya pemilihan kepada bupati melalui Camat hingga menetapkan calon terpilih.

Terkait tugas dan tanggungjawab ini, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John Palandung mengingatkan agar seluruh panitia bisa bekerja sesuai ketentuan yang berlaku serta menjaga netralitas sebagai penyelenggara pemilihan.

"Jadi untuk panitia, baik kabupaten terlebih di kampung-kampung betul-betul ikut aturan. Harus ikuti rel yang ada," kata Palandung usai memimpin jalannya rapat bersama panitia dari tiga kampung peserta Pilkades.

Menurut Palandung, ketika panitia melakukan sesuatu yang sifatnya melanggar ketentuan dan netralitas penyelenggara, maka hal itu bisa mencederai jalannya tahapan pelaksanaan Pilkades serentak ini.

"Kalau ada sesuatu pasti akan kacau. Jadi diingatkan kepada semua panitia agar bekerja profesional," lanjut Palandung.

Politisi PDI Perjuangan yang pernah memegang sejumlah jabatan startegis di pemerintahan itu mengibaratkan panitia sebagai seorang wasit dalam suatu pertandingan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved