Breaking News:

Berita Sitaro

31 Kelurahan dan Kampung di Sitaro Belum Capai 50 Persen Vaksinasi

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, dr Semuel Raule. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah daerah tak hentinya mendorong peran aktif kepala-kepala wilayah, baik Camat, Lurah hingga Kepala Desa (Kapitalau) untuk menggerakan masyarakatnya dalam melakukan vaksinasi.

Data yang diperoleh Tribunmanado.co.id mencatatan, per tanggal 31 Oktober 2021, capaian vaksinasi dosis satu di Kabupaten Kepulauan Sitaro telah menyentuh angka 55,83 persen dan dosis dua mencapai 37,61 persen.

Meski telah melampaui setengah dari jumlah sasaran vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro, namun data mencatat terdapat 31 Kelurahan Kampung yang capaiannya belum sampai 50 persen.

Adapun Kelurahan dan Kampung yang progres vaksinasinya belum sampai setengah dari jumlah sasaran, yakni tersebar di tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Tagulandang Selatan, Kecamatan Biaro dan Kecamatan Siau Timur Selatan.

Progres terendah dipegang Kecamatan Tagulandang Selatan dengan capaian vaksinasi baru 37,47 persen, disusul Kecamatan Biaro 46,17 persen serta Kecamatan Siau Timur Selatan 47,33 persen.

Kondisi terparah ada di Kecamatan Tagulandang Selatan yang memiliki enam kampung dan semuanya belum menyentuh angka 50 persen capaian vaksinasinya.

Sedangkan Kecamatan Biaro dengan lima kampung, baru satu kampung, yakni Lamanggo yang mencapai 63,54 persen, dan empat kampung lainnya belum sampai setengah dari sasaran vaksinasi.

Untuk Kecamatan Siau Timur Selatan yang memiliki 14 kampung, baru enam kampung yang melebihi angka 50 persen capaian vaksinasinya, delapan lainnya belum sampai setengah dari jumlah sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule kembali mengingatkan kepada seluruh kepala wilayah untuk menggerakan masyarakatnya dalam melaksanakan vaksinasi.

"Minimal 80 persen sampai akhir November 2021 ini agar kita dapat bertahan ketika menghadapi kemungkinan Covid-19 gelombang ketiga yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Desember hingga awal Januari mendatang," kata Raule, Senin (1/11/2021).

Dia pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kelurahan dan kampung di Sitaro yang capaian vaksinasinya telah lebih dari 80 persen.

"Mari tetap dorong masyarakat kita agar bisa mendapatkan vaksinasi lengkap sampai dosis dua. Terima kasih untuk kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder yang ada di wilayah, baik kelurahan dan kampung yang capaian vaksinasinya lebih dari 80 persen," ujar Raule. (HER)

Tentang Sitaro

Sitaro adalah singkatan dari Siau Tagulandang Biaro.

Sitaro merupakan salah satu Kabupaten Kepulauan di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. 

Kabupaten yang beribukota di Ondong Siau ini memiliki luas total 275,96 km2.

Jarak Siau ke Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara 146 Kilometer, dengan waktu tempuh 4 jam naik kapal dari Pelabuhan Manado.

Di Sitaro ada Gunung Karangetang.

Salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Saat ini kabupaten ini dipimpin oleh Bupati Sitaro Evangelian Sasingen serta Wakil Bupati John Heit Palandung. (HER)

Baca juga: 96 Nama Masuk Daftar Bakal Calon Kapitalau untuk Pilkades Serentak di Sitaro

Baca juga: Aturan Baru Pemerintah Soal Hasil Tes RT PCR, Penumpang Kereta Api, Naik Mobil dan Motor

Baca juga: Sosok Indrastuti Ratu Ular Masa Kini, Pelihara dan Tinggal Bersama 75 Ular, Ada di Tempat Tidur

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved