Breaking News:

Berita Mitra

Perjuangan Reforma Agria di Mangkid Mitra Berlanjut, Masyarakat Diminta Pertahankan Tanah

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sulut, Lutfi Zakaria usai membuka acara pengembangan kapasitas usaha di Desa Mangkid, Kecamatan Belang

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
Kharisma Kuruma/Tribun Manado
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sulut, Lutfi Zakaria usai membuka acara pengembangan kapasitas usaha di Desa Mangkid, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Perjuangan Reforma Agraria masyarakat terus berlanjut.

Pasca mendapatkan akses legalitas atas tanah berupa sertifikat, masyarakat juga diharapkan bisa berdaulat atas lahan tersebut.

Hal itu diungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sulut, Lutfi Zakaria usai membuka acara pengembangan kapasitas usaha di Desa Mangkid, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang terkait dengan Reforma Agraria.

"Jadi setelah warga Mangkid berhasil memperjuangkan akses atas tanahnya berupa legalitas, selanjutnya adalah memperjuangkan akses reform atau upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat," katanya.

Dengan begitu katanya, masyarakat diharapkan biaa meningkatkan taraf hidup dengan memanfaatkan hasil bumi di lahan mereka.

"Jadi kita upayakan masyarakat setempat bisa meningkatkan taraf kehidupan dengan tanah yang sudah mereka dapatkan," ungkapnya.

Untuk itu tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang merupakan gabungan dari BPN bersama stakeholder terus menggencarkan bimbingan dan pembinaan terhadap masyarakat setempat.

"Salah satunya PNM yang bertugas untuk melakukan bimbingan dan akses modal kepada warga agar bisa meningkatkan UMKM berdasarkan potensi yang ada di Desa Mangkid ini," jelasnya.

"Selain itu kami akan membantu untuk membuka akses pasar," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved