Breaking News:

Berita Sitaro

Menolak Divaksin, ASN Pemkab Sitaro Terancam Sanksi

Raule menjelaskan, untuk ASN yang tanpa alasan jelas menolak untuk divaksin, akan ada hukuman administratif sesuai dengan perpres yang ada.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Pelaksanaan vaksinasi yang diikuti oleh para ASN Pemkab Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 sekaligus pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Tak hanya untuk masyarakat umum, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diwajibkan untuk mengikuti program vaksinasi ini yang telah bergulir sejak awal 2021 ini.

Khusus di internal Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro sendiri, sudah lebih kurang 95 persen ASN di daerah berjuluk Negeri 47 Pulau itu yang telah divaksin.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule, angka 95 persen para ASN yang sudah divaksin ini, menjadi hal positif, karena dengan begitu telah terbentuk komunal di lingkungan kantor pemerintahan Kabupaten Sitaro.

"Untuk yang belum divaksin itu ada beberapa alasan yang memang mengharuskan mereka belum bisa mengikuti vaksinasi."

"Ada yang memang belum diizinkan oleh tenaga medis karena kondisi kesehatan," kata Raule.

Raule menjelaskan, untuk ASN yang tanpa alasan jelas menolak untuk divaksin, akan ada hukuman administratif sesuai dengan perpres yang ada.

Dia menyebut, walaupun saat ini di kantor pemerintahan Kabupaten Sitaro telah terbentuk herd immunity, namun protokol kesehatan tak boleh diabaikan karena hal itu sejalan dengan program vaksinasi sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Dua hal ini, yakni vaksinasi dan protokol kesehatan tidak bisa dipisahkan. Keduanya sama-sama bertujuan untuk mencegah terjadi penyebaran virus corona, termasuk di internal pemerintah daerah," terang Raule.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved