Breaking News:

Berita Sitaro

Terminal Tipe C di Sitaro Menunggu Penetapan Lokasi

Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro),terdapat beberapa lokasi yang dijadikan tempat pemberhentian sementara kendaraan umum

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Sejumlah kendaraan umum yang ada di pelataran parkir Terminal Ulu Siau 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Terminal merupakan salah satu komponen dari sistem transportasi umum.

Dalam pemanfaatannya, terminal mempunyai fungsi utama sebagai tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang serta barang.

Selain itu, terminal juga dijadikan tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian kendaraan-kendaraan umum.

Khusus di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), terdapat beberapa lokasi yang dijadikan tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikan dan menurunkan penumpang maupun barang.

Satu di antaranya adalah Terminal Ulu Siau yang berlokasi di Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur Kabupaten Sitaro.

Sedangkan di wilayah Ondong yang notabene merupakan Ibu Kota Kabupaten Sitaro, belum ada tempat khusus yang dijadikan tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikan dan menurunkan penumpang.

Setiap kendaraan umum justru menggunakan bandan jalan di sekitar area Pasar Ondong sebagai tempat pemberhentian sementara menunggu penumpang.

Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro, Okswal Makagiansar mengatakan, pemerintah daerah berencana membangun terminal tipe C di Kabupaten Sitaro.

"Memang yang ada baru terminal Ulu. Makanya kita sudah melakukan studi kelayakan, dan tinggal menunggu penetapan lokasi atau penlok untuk membangun terminal tipe C. Rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang," kata Makagiansar, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, terminal dengan tipe C merupakan terminal yang peran utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan perkotaan atau perdesaan yang pengaturannya ditetapkan oleh bupati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved