Breaking News:

Tribun BakuDapa

Peringati Hari Penglihatan Internasional, Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

dr Dyana mengungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencanangkan Hari Penglihatan Dunia karena kasus kebutaan sangat tinggi.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rizali Posumah
Tribun Manado
Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day yang jatuh pada 14 Oktober 2021, Tribun Manado menggelar Tribun BakuDapa dengan tema "Love Your Eyes", Kamis (14/10/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dalam rangka menyambut Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day yang jatuh pada 14 Oktober 2021, Tribun Manado menggelar Tribun BakuDapa dengan tema "Love Your Eyes", Kamis (14/10/2021).

Tribun BakuDapa kali ini mengundang Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) Cabang Sulawesi Utara (Sulut) yang juga sebagai Konsultan Vitreoretina, dr Dyana Theresia Warania.

dr Dyana mengungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencanangkan Hari Penglihatan Dunia karena kasus kebutaan sangat tinggi.

Menurut dr Dyana, kebutaan hanya menjadi masalah kesehatan namun bisa berdampak ke kehidupan sosial dan ekonomi.

"Jika angka kebutaan tinggi maka angka produktifitas juga rendah dan ekonominya bisa terganggu," jelas dr Dyana.

Sebagai salah satu organ penting di tubuh, tentu kesehatan mata harus selalu dijaga.

Penting untuk melakukan pencegahan agar mata tidak sakit, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, di tengah pandemi virus corona (Covid-19) saat ini banyak kegiatan masyarakat yang dianggap bisa merusak mata seperti terlalu lama di depan layar gadget.

"Kami sebenarnya tidak menyarankan belajar dari telepon genggam karena ukuran layarnya yang kecil bisa mendorong anak-anak melihat lebih dekat," tambah dr Dyana.

dr Dyana menganjurkan bagi masyarakat yang seharian bekerja di depan layar komputer agar menerapkan rumus 20x20.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved