Breaking News:

Berita Sitaro

Dinas Kesehatan Sitaro Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Tidak sedikit kendala yang dihadapi para petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, khusus Tim Vaksinator yang sebelumnya telah disebar.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sejak di launching awal tahun ini, program vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 telah menyasar puluhan ribu sasaran di Kabupaten Sitaro.

Dalam pelaksanaannya, tidak sedikit kendala yang dihadapi para petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, khusus Tim Vaksinator yang sebelumnya telah disebar di berbagai wilayah di Sitaro.

Meski demikian, pelaksanaan vaksinasi yang menjadi program nasional ini terus digenjot para petugas kesehatan guna pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Menyikapi beragam tantangan dalam pelaksanaan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro menggelar evaluasi bersama para nakes yang tersebar di seluruh Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule mengungkapkan, dari hasil evaluasi pihaknya mendapatkan beberapa catatan terkait kendala-kendala yang dihadapi petugas dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Untuk saat ini, kendala yang paling dirasakan adalah gangguan jaringan internet. Akibat dari masalah ini, petugas kami kesulitan dalam melakukan input data sasaran vaksin sebagai laporan ke pusat," ungkap Raule, Kamis (14/10/2021).

"Tapi kami terus mencoba melakukan input data pada jam-jam tertentu, saat kondisi jaringan internet sedikit membaik. Saai ini ada lebih dari 6000 data sasaran yang belum terinput," lanjutnya.

Selain itu, persoalan yang paling dirasakan dan menjadi kendala serius dalam pelaksanaan vaksinasi ini adalah menyebarnya informasi atau berita bohong terkait dampak negatif dari vaksin bagi manusia.

"Makanya kami terus berkoordinasi dengan semua kepala-kepala wilayah, Camat, Lurah dan Kapitalau untuk bisa mengoptimalkan sosialisasi di masyarakat tentang pentingnya vaksinasi ini," ujar Raule.

Bahkan persoalan hoax ini, kata Raule, telah disampaikan kepada pihak Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Sitaro, khususnya jajaran Polres Kepulauan Sitaro.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved