Breaking News:

News Analysis

Tanggapan Pengamat Olahraga Terkait Prestasi Atlet Sulut di PON Papua 2021

Sejumlah cabang olahraga di Sulut kian membaik, berkat penampilan luar biasa para atlet asal Sulut yang mengikuti PON Papua.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
fernando lumowa/tribun manado
Atlet muaythai putri Sulut, Angelina Runtukahu bersama Ketum KONI Sulut, Steven Kandouw usai menyumbangkan emas pertama bagi Sulut di PON XX Papua 2021 di GOR STT GIDI Sentani, Minggu (03/10/2021) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Hingga saat ini sebanyak 7 medali telah didapatkan atlet asal Sulawesi Utara yang bertarung di PON Papua 2021.

Dia diantarannya merupakan medali emas. Sisanya adalah 2 medali perak dan tiga medali perunggu. 

Hal ini menunjukan kancah sejumlah cabang olahraga di Sulut kian membaik, berkat penampilan luar biasa para atlet asal Sulut yang mengikuti PON Papua

Menanggapi hal ini, Pengamat Olahraga Sulut, Joy Rattu mengatakan prestasi saat ini yang diraih atlet kita di Sulut merupakan  awal kebangkitan Olahraga Prestasi didaerah sulut. 

"Kita memiliki bibit banyak, teknokrat OR banyak, tinggal dukungan sarana prasarana yang harus  diupayakan pemerintah," jelas Rattu kepada Tribun Manado.

Dirinya mengamati bahwa selama mengikuti PON Papua kali ini, Jiwa bertarung anak-anak (Atlet) tidak diragukan. 

"Semangat juang mereka tidak pernah pudar," tegas Rattu. 

Dikatakannya, seusai PON XX kita akan menatap PON XXI Aceh. 

"Saya optimis kita mendapatkan hasil lebih baik dan mampu membawa lebih banyak medali untuk masyarakat Sulut," sebutnya.

Dirinya yang juga Pengurus KONI Sulut akan mengupayakan putra daerah dibina sejak dini dari 15 kab kota melalui jenjang formal di sekolah dan informal melalui klub dan swkolah/alademi misalnya sekolah bulutangkis dll

"Banyak bibit atlit di Sulut yang belum muncul, Pembibitan harus dari jauh hari misalnya menuju PON XXI Aceh harus dipersiapkan seusai PON XX," ujarnya.

Untuk itu, Rattu berharao adanya kerjsama antara Pemerintah dan swast untuk bergandengan tangan dalam penyiapan sarana prasarana untuk menunjang program latihan. 

"Demikian juga pelatih harus di upgrade melalui lisensi atau sertfikat kepelatihan," terang Rattu. 

"Saya juga akan mengusulkan adanya sekolah tenis sekolah, sepakbola, sekolah atletik, sekolah bulutangkis dan lainnya supaya terpantau kemajuannya," pungkas Rattu. (Mjr)

Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021, Berikut Link dan Cara Cek Pengumumannya

46 Balon Sangadi di Bolangitan Barat Bolmut Ikut Tes Ujian Pengetahuan, Kompetensi dan Wawancara

Roy Kiyoshi Dikabarkan Meninggal Dunia, Keluarga Panik, Pengacara dan Tim IT Lacak Pelaku

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved