Breaking News:

Berita Sitaro

Pasca Perbaikan Kabel Fiber Optik Ondong-Tahuna, Layanan Internet di Sitaro Belum Stabil

Operasi restorasi atau perbaikan terencana kabel fiber optik bawah laut link Ondong-Tahuna telah rampung sejak 2 Oktober 2021 lalu.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
(Dokumentasi PT LTI)
Kapal Pasific Guardinan yang digunakan dalam operasi restorasi kabel fiber optik bawah laut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Operasi restorasi atau perbaikan terencana kabel fiber optik bawah laut link Ondong-Tahuna telah rampung sejak 2 Oktober 2021 lalu.

Proyek perbaikan yang dilakukan PT Len Telekomunikasi Indonesia dengan menggunakan kapal Pasific Guardian itu terpusat di 16 kilometer dari bibir pantai Ondong Siau.

Namun demikian, pasca pelaksanaan operasi restorasi yang memakan waktu kurang lebih tujuh hari itu, kondisi jaringan telekomunikasi khusunya layanan internet di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) belum sepenuhnya stabil.

Hal pun mengundang keluhan dari berbagai kalangan pengguna layanan internet di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Perbaikan kabel fiber optik kan sudah selesai. Harusnya internet sudah normal. Tapi ini justru sebaliknya, kondisi jaringan internet masih tidak stabil," kata Adrian Maku dan Randy Kansil, warga Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur (Sitim).

Mereka berharap, persoalan jaringan internet ini bisa mendapatkan perhatian dari pihak-pihak berkompeten, agar kondisi demikian tidak berlarut-larut.

"Kami sangat berharap agar jaringan internet bisa kembali normal seperti sebelum-sebelumnya," lanjut Adrian dan Randy.

Keluhan serupa disuarkan beberapa wartawan di Kabupaten Sitaro yang mengaku kesulitan mengirimkan data dan informasi hasil peliputan di lapangan.

"Dalam kondisi seperti ini, kami cukup kesulitan mengirimkan laporan untuk kepentingan pemberitaan. Semoga kondisi ini bisa secepatnya normal," kata Stenly Gaghunting dan Jufri Kasumbala, jurnalis media online dan televisi.

Sebelumnya, pihak PT Len Telekomunikasi Indonesia bersama PT. Infotek Global Network telah melakukan perbaikan terencana kabel fiber optik bawah laut link Ondong-Siau-Tahuna.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved