Breaking News:

Berita Bolmong

RSUD Datoe Binangkang dan Disdukcapil Bolmong Teken Kerjasama, Ini Manfaatnya untuk Pelayanan

RSUD Datoe Binangkang yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/Diskominfo Bolmong.
Penandatanganan Kerjasama antara RSUD dan Disdukcapil. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - RSUD Datoe Binangkang yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong.

Melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS), terkait pemanfaatan akses data kependudukan.

Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur RSUD Datoe Binangkang Bolmong dr Debby Kullo, bersama Kepala Disdukcapil Bolmong Iswan Gonibala, yang disaksikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, di ruang kerjanya.

Kepala Disdukcapil Iswan Gonibala mengungkapkan, penandatangan PKS ini adalah langkah awal pemanfaatan data kependudukan yang sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang persyaratan, ruang lingkup dan tata cara Pemberian hak akses serta pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) data kependudukan dan KTP elektronik.

Data kependudukan ini akan di akses terkait layanan publik oleh aplikasi yang dimiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“PKS ini merupakan salah satu target kinerja yang dibebankan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri dan harus dilaksanakan,” kata Iswan saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Jumat (1/10/2021).

Lanjutnya, PKS ini nantinya akan dilanjutkan dengan penyusunan petunjuk teknis.

Artinya PKS sendiri adalah langkah awal untuk pemanfaatan data.

"Untuk saat ini Disdukcapil masih mempersiapkan secara teknis, hal apa saja yang disiapkan dalam pengaksesan data oleh OPD,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Datoe Binangkang Bolmong dr. Debby Cinthia Kullo mengatakan, penandatangan PKS ini untuk pemanfaatan data kependudukan antar Disdukcapil dengan RSUD.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved