Berita Sitaro

Pilkades Serentak di Sitaro Masuk Tahapan Bimtek Panitia Pemilihan

Tahapan demi tahapan pun kini sedang digulirkan oleh Panitia Kabupaten maupun Panitia tingkat Desa dalam rangka persiapan pesta demokrasi warga desa.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Sekretaris Dinas PMD Sitaro, Sancelto Kalebos. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 31 Desa di Kabupaten Sitaro akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di akhir tahun 2021 ini.

Tahapan demi tahapan pun kini sedang digulirkan oleh Panitia Kabupaten maupun Panitia tingkat Desa dalam rangka persiapan pesta demokrasi warga desa itu.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sitaro, Sancelto Kalebos mengatakan, saat ini pihaknya sedang memberikan bimbingan teknis (bimtek) bagi seluruh panitia di tingkat desa.

"Sudah masuk pada tahapan bimtek. Jika melihat program yang ada, pelaksanaan bimtek berlangsung selama dua hari, yakni 27 dan 28 September kemarin," ungkap Kalebos saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/9/2021).

Adapun materi yang termuat dalam pelaksanaan bimtek yakni terkait pedoman teknis Pilkades yang telah diatur oleh Panitia Kabupaten.

"Bimtek menjadi salah satu tahapan penting untuk dilaksanakan agar supaya panitia pemilihan di tingkat desa bisa mengetahui teknis pelaksanaan pilkades nanti," terangnya.

Menurut Kalebos, tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh panitia sejalan dengan pedoman teknis operasional Pemilihan Kepala Desa Tahun 2021.

Di mana sebelum masuk pada pelaksanaan bimtek, Panitia Pemilihan Tingkat Desa telah menggelar sosialisasi tentang Pilkades bagi masyarakat.

"Tahapan ini dilaksanakan selama enam hari, mulai tanggal 20 sampai 26 September."

"Sosialisasi ini sangat penting dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui tentang kegiatan pemilihan kepala desa termasuk tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan," terang Kalebos.

Pasca tahapan bimtek bagi Panitia Pemilihan Tingkat Desa, eks Kepala SMK Negeri 1 Siau Timur itu bilang akan masuk pada tahapan Pengumuman Lowongan Jabatan Kepala Desa yang akan digulirkan mulai 29 September sampai 1 Oktober 2021.

"Seterusnya kita akan masuk dalam program pelaksanaan, seperti penerimaan pendaftaran bakal calon hingga distribusi surat suara."

"Sebelum masuk pada tahap kampanye, panitia pemilihan akan melakukan pemutakhiran data pemilih di masing-masing desa," urainya.

Untuk kepentingan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, panitia kabupaten telah mengambil sejumlah langkah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved