Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Dukung Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Pengelolaan Sampah

Serangkaian tahapan pun telah dilakukan pihak legislatif sejak beberapa waktu lalu guna membentuk ranperda inisatif dalam kaitan pengelolahan.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Dinas Kominfo
Wabup John Palandung membacakan pendapat bupati atas ranperda inisiatif DPRD tentang pengelolaan sampah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sitaro memasukkan Ranperda Pengelolaan Sampah dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021.

Serangkaian tahapan pun telah dilakukan pihak legislatif sejak beberapa waktu lalu guna membentuk ranperda inisatif dalam kaitan pengelolahan persampahan di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Langkah DPRD Sitaro dalam menciptakan regulasi terkait pengelolaan sampah ini menuai dukungan pemerintah daerah, khususnya Bupati Evangelian Sasingen dan Wabup John Palandung.

Hal ini sebagaimana pendapat bupati atas ranperda inisatif DPRD yang disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John Palandung dalam rapat paripurna DPRD yang berlangsung Selasa (28/9/2021).

"Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro sangat mendukung dan menyampaikan terima kasih, serta apresiasi kepada DPRD Sitaro yang telah menyusun ranperda tentang pengelolaan sampah, yang merupakan rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD," ungkap Palandung.

Menurutnya, ranperda tentang pengelolaan sampah adalah tindak lanjut dari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yakni Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan sudah sesuai dengan kewenangan pemerintah kabupaten menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Penyusunan ranperda ini kiranya disesuaikan dengan kondisi geografis Kabupaten Sitaro yang merupakan daerah kepulauan sehingga perlu dipikirkan penanganan sampah untuk wilayah Biaro, Makalehi Dan Buhias," lanjut Palandung.

Dia menyebut, dengan mempertimbangkan kondisi geografis tersebut, diharapkan pula  adanya peran pemerintah kampung dan kelurahan untuk dilibatkan dalam pengelolaan sampah dengan memanfaatkan dana kampung dan kelurahan.

"Penyusunan rancangan peraturan daerah ini diharapkan dapat memberikan dukungan bagi instansi pengelola persampahan di daerah dalam pengelolaan sampah yang lebih optimal," kuncinya.

Pendapat bupati itu disampaikan menyusul penjelasan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sitaro mengenai gambaran ranperda inisiatif DPRD tentang pengelolaan sampah yang disampaikan pada rapat paripurna bersama jajaran pemeritah daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved