PON Papua

Panglima TNI Perintahkan Pengamanan PON XX Papua hingga Gangguan Sekecil Apapun

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menunjukkan bahwa bumi Cenderawasi merupakan bagian dari NKRI. 

Editor: Aswin_Lumintang
Tribunnews.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta pengamanan di PON Papua harus dilakukan secara ketat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menunjukkan bahwa bumi Cenderawasi merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Ribuan atlet, pelatih dan masyarakat olahraga tanah air berada di tanah Papua.

Terkait pengamanan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menekankan agar petugas keamanan mengantisipasi potensi gangguan sekecil apapun pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional ke-20 (PON XX) Papua.

Logo Pon Papua
Logo Pon Papua (tribunnews)

Ia mengatakan PON XX Papua merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membuktikan bahwa Papua sebagai bagian dari NKRI merupakan sebuah Provinsi yang cukup maju untuk menyelenggarakan perhelatan akbar tingkat nasional. 

Menurutnya kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua merupakan momen emas untuk membuktikan bahwa stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua kondusif.

Dengan demikian, kata dia, maka faktor keamanan menjadi hal utama yang harus dipenuhi selama pelaksanaan PON XX Papua.

Keamanan yang dimaksud Hadi antara lain terkait pengamanan venue dan seluruh jalannya pertandingan, pengamanan VVIP saat pembukaan dan penutupan, pengamanan atlet dan kontingen, pengamanan penonton, serta pengamanan masyarakat. 

Selain itu Hadi menyampaikan bahwa Kapolda Papua dibantu Pangdam XVII/Cenderawasih juga harus memperkuat komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dalam mengamankan PON XX. 

Di tengah pandemi Covid-19, kata dia, gelaran nasional yang melibatkan ribuan orang tersebut memiliki risiko besar penularan Covid-19 dan juga potensi gangguan keamanan.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat kesiapan pengamanan PON XX Tahun 2021 di Jayapura, Papua pada Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Update Perolehan Medali PON XX Papua 2021 Rabu 29 September 2021 Siang, Papua di Posisi Kedua

Baca juga: Alasan Millen Cyrus Tampil Berhijab saat Pengajian Empat Bulanan Aurel Hermansyah

“Oleh karena itu, saya menekankan agar petugas mampu mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang paling mungkin terjadi, sampai sekecil apapun,” kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Rabu (29/9/2021).

Hadi mengatakan pembukaan PON XX Papua rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Dengan demikian, kata dia, acara tersebut akan menjadi perhatian nasional bahkan internasional. 

Karena di tengah apresiasi dunia terhadap keberhasilan Indonesia menekan pandemi Covid-19, lanjut Hadi, maka semua mata akan tertuju ke Papua sebagai tuan rumah.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved