Doa Bacaan

Punya 3 Manfaat Luar Biasa, Ini Doa yang Sebaiknya Dibaca Hari ini Selasa, Bacalah dan Amalkan

Para Nabi juga banyak yang wafat di hari Selasa, oleh sebab itu Islam menganjurkan agar umatnya membaca doa di hari Selasa.

Penulis: Indry Panigoro | Editor: Indry Panigoro
freepik.com
Ilustrasi orang berdoa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Dalam sebuah hadist, Nabi SAW bersabda soal doa. 

“Doa adalah murninya (otak atau pangkalnya) ibadah.”

Hadis shahih ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dari Anas bin Malik.

Imam An-Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa doa itu murninya ibadah disebabkan karena dua hal.

Pertama; doa itu wujud dari menjalankan perintah Allah yang menyuruh hambaNya untuk meminta kepada Nya.

Kedua; jika ia melihat kesuksesan urusan-urusannya dari Allah SWT, maka ia pun memutuskan pengharapannya kepada selain Allah, yakni ia hanya meminta kepadaNya untuk hajatnya.

Nah setiap harinya kita sebaiknya berdoa.

Termasuk hari ini Selasa.

Kaum muslimin dianjurkan membaca doa bukan hanya di hari Jumat, akan tetapi juga di hari Selasa.

Para Nabi juga banyak yang wafat di hari Selasa, oleh sebab itu Islam menganjurkan agar umatnya membaca doa di hari Selasa.

Ilustrasi
Ilustrasi ()

Dalam Shahifah al-Fathimiyyah terdapat kumpulan doa harian yang dipanjatkan oleh Sayidah Fatimah az-Zahra, yang merupakan putri bungsu Nabi Muhammad. Setiap datang hari Selasa, Fatimah memanjatkan doa. Berikut doanya:

اللَهُمَّ اجْعَلْ غَفْلَةَ النَّاسِ لَنَا ذِكْراً ، وَاجْعَلْ ذِكْرَهُمْ لَنَا شُكْراً ، وَاجْعَلْ صَالِحَ مَا نَقُولَ بِأَلْسِنَتِنَا نِيَّةً فِي قُلُوبِنَا ، اللَّهُمَّ إِنَّ مَغْفِرَتِكَ أَوْسَعَ مِنْ ذُنُوبِنَا ، وَرَحْمَتِكَ أَرْجَى عِنْدَنَا مِنْ أَعْمَالِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَوَفِّقْنَا لِصَالِحِ الأَعْمَالِ ، وَالصَّوَابِ مِنَ الْفِعَالِ

Allahummaj-al ghaflatan naasi lanaa dzikra, waj'al dzikrahum lanaa syukra, waj'al shaaliha laa naquulu bialsinatinaa niyyatan fii quluubinaa, allahumma inna maghfirataka awsa' min dzunuubinaa, warahmataka arjaa 'indinaa min a'maalinaa, allahumma shali 'alaa muhammadin wa aali muhammadin, wawaffiqnaa lishalihil a'maali wash-shawaabi minal fi'aal.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah lalainya manusia sebagai zikir bagi kami, dan jadikanlah zikir mereka sebagai syukur bagi kami dan jadikanlah kebaikan yang kami ucapkan memalui lisan kami sebagai niat dalam hati kami. Ya Allah, sesungguhnya ampunan-Mu lebih lebih luas daripada dosa kami dan rahmat-Mu lebih kamu harapkan dari amal kami. Ya Allah, sampaikan salat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya dan anugerahkanlah kami taufik supaya dapat mengerjakan amal dengan baik dan bertindak secara benar."

Ilustrasi berdoa di pagi hari.
Ilustrasi berdoa di pagi hari. (Kolase Tribun Manado)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved