Breaking News:

Pokdarkamtibmas

Fungsi Pokdarkamtibmas di Dalam Masyarakat, Salah Satunya Bantu Tugas Polri

Pokdar Kamtibmas merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan warga.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah
Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw
Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Sulawesi Utara merayakan HUT nya yang pertama pada, Jumat (24/9/2021) di Wahaha Resto Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Sulawesi Utara merayakan HUT nya yang pertama pada, Jumat (24/9/2021) di Wahaha Resto Manado

Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, saat menghadiri acara tersebut menerangka Pokdar Kamtibmas merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat.

"Serta membantu menyelesaikan perselisihan dengan jalan musyawarah, dan juga menggaungkan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19," pungkasnya.

Selanjutnya Pokdar Kamtibmas juga membantu menampung dan memfasilitasi semua keluhan masyarakat sekitarnya yang berkaitan dengan masalah kamtibmas.

"Serta menindaklanjuti penyelesaiannya melalui kerjasama dengan Polri,” kata Wakapolda.

Wakapolda juga berpesan kepada segenap Pembina dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Provinsi Sulut untuk dapat menyusun program kerjanya ke depan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dibentuknya Pokdar Kamtibmas.

Di mana Pokdar Kamtibmas adalah sebagai garda terdepan dalam memberikan rasa aman dan tenteram di tengah masyarakat.  

Diketahui, Pokdarkamtibmas adalah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Tugasnya adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. 

Adapun sebutan lain dari Pokdarkamtibmas ini adalah Citra Bhayangkara.

Pokdarkamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 November 2005 atas Surat Keputusan KAPOLRI No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved