Breaking News:

Berita Sulut

Muncul Kabar PPKM Akan Diperpanjang, Ini Kata Pengamat Epidemiologi Jonesius Manoppo

Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo mengatakan usaha yang dilakukan selama ini untuk melandaikan kurva tidak sia-sia.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
istimewa
dr Jonesius Manoppo, Pengamat Kesehatan dari IKM Unima 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo mengatakan usaha yang dilakukan selama ini untuk melandaikan kurva tidak sia-sia.

Walaupun pelaksanaannya, kata Manoppo, diwarnai pro dan kontra kita sekarang menuju pada herd immunity dan lambat laun akan menuju aktivitas normal walalupun tetap dengan penerapan 3M untuk beberapa beberapa bulan kedepan.

"Saya berharap semua sudah siap saat pemerintah menyatakan bahwa kondisinya sudah memasuki era endemi covid-19 artinya akan terus ada kasus dengan jumlah yang stabil, dan sewaktu-waktu bisa terjadi kejadian luar biasa ditandai dengan peningkatan kasus dua kali atau lebih," jelas Manoppo.

Terkait Soal perpanjangan PPKM, Manoppo menyebut, pasti akan terjadi namun dengan level yang lebih rendah, hal itu untuk memidahkan transisi dan penyesuaian masyarakat agar apa yang telah kita jaga selama ini tidak menjadi sia-sia dengan adanya peningkatan kasus baru.

"Sesuai dengan kebutuhan memang sekolah sudah selayaknya dibuka, namun dengan kapasitas yang tidak merisikokan guru apalagi murid," ujar Manoppo.

Disatu sisi, hal yang penting, adalah Syarat keterisian ruangan, ventilasi, ketersediaan tempat cuci tangan dan pengawasan ketat dari manajerial sekolah.

"Artinya integritas semua stakeholder untuk patuh pada protokol sangat penting untuk menunjangnya," tegas Manoppo.

Selain itu, untuk kawasan wisata yang dibuka, sebaiknya tidak hanya di satu wilayah saja, agar tidak terjadi penumpukan wisatawan ke satu lokasi dan mengakibatkan kerumunan.

Kata Manoppo, penyelenggara wisata juga sudah semakin paham pelaksanaan protokol sama halnya dengan pusat perbelanjaan, dan tempat makan semoga kedepannya lebih baik lagi," ujarnya.

"Dan dari semua itu kita harus terus mengedepankan program vaksinasi sebagai upaya menuju herd immunity dan kehidupan normal yang seimbang," tutup Dosen Epidemiologi dari Unima ini. (Mjr)

Jadwal Kapal dari Pelabuhan Manado, Tujuan Siau hingga Jailolo

Baca juga: Sosok Brigjen TNI Junior Tumilaar, Surati Kapolri Karena Protes Babinsa Bela Rakyat Dipanggil Polisi

BREAKING NEWS - Air Sungai Palaus Ratahan Kabupaten Mitra Meluap, Masyarakat Diminta Mengungsi

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved