Gangguan Internet

IndiHome di Sulut Masih Putus, TelkomGroup: Layanan Fixed dan Mobile Mulai Pulih

Jika layanan internet mobil broadband sudah kembali berangsur normal dan dapat diakses, lain halnya dengan layanan fixed seperti IndiHome. 

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Tribun Medan
Ilustrasi gangguan internet - Hingga Senin (20/09/2021) siang, layanan internet IndiHome masih putus. Tak bisa diakses sama sekali.Kondisi ini terjadi di seantero Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoGangguan jaringan layanan internet milik Telkom Group di Sulut masih berlangsung.

Jika layanan internet mobil broadband sudah kembali berangsur normal dan dapat diakses, lain halnya dengan layanan fixed seperti IndiHome

Hingga Senin (20/09/2021) siang, layanan internet IndiHome masih putus. Tak bisa diakses sama sekali. 

Kondisi ini terjadi di seantero Sulut. Seperti yang dialami Lia, pegawai sebuah instansi pemerintah pusat di daerah. 

Ia mengaku tak bisa bekerja karena jaringan internet putus.

"Mau kerja bagaimana, IndiHome mati. Bagaimana ya, rugi juga, kami bayar lumayan lho," kata Lia kepada tribunmanado.co.id, Senin siang. 

Lain halnya Keiko, mahasiswa Unsrat. Ia agak kelimpungan melakukan pertemuan dengan kelompok KKN-nya secara virtual. 

"Terpaksa tethering pakai hotspot dari handphone. Meski kualitas tidak bagus tapi lumayan dari pada tidak bisa pertemuan," katanya. 

Terkait hal ini, Telkom menyatakan, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak pada Minggu (19/09/2021). mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

"Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono dalam keterangan tertulis ke tribunmanado.co.id, Senin siang. 

"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado."

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," lanjut dia. 

Sementara, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas Pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. 

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo. 

Selanjutnya Pujo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup. 

"Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan," jelasnya. (ndo) 

Arti Mimpi Berdebat dengan Ibu, Pertanda Baik atau Buruk? Cek Tafsiran Lengkapnya

Ingat Takeshi Kitano? Terkenal Sebagai Raja Benteng Takeshi, Kabarnya Diserang Orang Pakai Kapak

Jasa Raharja Sulut Dukung Operasi Patuh Samrat 2021

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved