Breaking News:

RHK Kamis 16 September 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA Matius 4:21a - Indahnya Bekerja Sama

Kebiasaan nelayan menata mengatur jalanya membutuhkan perhatian dan waktu serta tenaga, sehingga diperlukan banyak orang

Editor: Aswin_Lumintang
Youtube JC Channel
Simon Petrus 

Matius 4:21a
"Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu."
----------------------------------------------

Yohanes Utusan Allah yang Membaptis Yesus Kristus, Lahir dari Perempuan Dulunya Mandul
Yohanes Utusan Allah yang Membaptis Yesus Kristus, Lahir dari Perempuan Dulunya Mandul (Kolase Tribun Manado/Foto: Istimewa)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kebiasaan nelayan menata mengatur jalanya membutuhkan perhatian dan waktu serta tenaga, sehingga diperlukan banyak orang. Sebab kelalaian dalam pengaturan mendapatkan hasil yang jauh dari yang diharapkan bahkan nihil. Karena itu nelayan-nelayan di Galilea perlu bekerja sama dengan melibatkan anggota keluarga.

Pencarian Yesus untuk menemukan murid-murid-Nya yang pertama tidak berhenti pada Simon dan Andreas. misiNya terus berjalan dan menemukan Yakobus dan Yohanes anak Zebedeus yang juga berprofesi sebagai penjala ikan atau sebagai nelayan. Ketika berjumpa dengan Yakobus dan Yohanes ternyata keduanya ada bersama ayah mereka Zebedeus yang sedang “membereskan” jala. Berjumpa dengan keluarga Zebedeus misi Yesus terus berjalan.

Bacaan hari ini mengingatkan kita bahwa bekerja bersama antara orang tua dan anak-anak adalah hal yang indah. Keindahan terjalinnya hubungan yang baik antara orang tua dan anak-anak yang saling membantu, peduli dan tidak ada rasa gengsi dari anak-anak untuk pekerjaan. Usaha yang ditekuni bersama tetapi juga orang tua yang mau melibatkan anak-anak pada pekerjaan orang tua adalah sesuatu yang lebih mengakrabkan hubungan keluarga.

Bahkan anak-anak yang membantu orang tua dalam pekerjaan adalah tanda kedengar-dengaran anak kepada orang tua. Maka ketika Tuhan Yesus menjumpai Yohanes dan Yakobus bersama ayah mereka menunjuk pada betapa rukun dan bahagaianya keluarga Zebedeus.

Sebagai keluarga Kristen, marilah kita orang tua memberi teladan yang baik bagi anak-anak kita. Teladan yang baik orang tua akan berdampak baik bagi pertumbuhan iman anak. Perubahan akan terjadi dalam proses keteladanan yang diberikan dan hasilnya pasti kedengar-dengaran, berbakti terhadap orang tua, menganggap bahwa keluarga adalah persekutuan terkecil yang harus dijaga, dibina, memiliki kerja sama yang saling membangun, menghidupkan, keutuhan keluarga dan kebahagiaan dijamin. Hubungan yang baik ini akan terjamin ketika keluarga kita mengawalinya dengan membangun dan menjaga hubungan dengan Kristus. Amin.

DOA: Ya Bapa kami yang di Sorga, terima kasih atas kehidupan dan kebersamaan yang Engkau anugerahkan dengan hadirnya keluarga yang mendukung, menopang setiap pelayanan yang Tuhan percayakan bagi kami, biarlah kami selalu hidup dalam kerja sama yang baik dalam melayani Tuhan, ada kerukunan, keharmonisan yang menjadi indah dan baik di hadapan–Mu. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved