Breaking News:

RHK Kamis 16 September 2021

BACAAN ALKITAB Matius 4:22 - "Meninggalkan dan Menanggalkan"

Panggilan Tuhan Yesus kepada para murid-murid-Nya yang pertama, luar biasa. Semuanya lancar jaya.

Editor: Aswin_Lumintang
BACAAN ALKITAB Matius 4:22 -
ISTIMEWA
Ilustrasi Simon Petrus

Matius 4:22
TRIBUNMANADO.CO.ID - Panggilan Tuhan Yesus kepada para murid-murid-Nya yang pertama, luar biasa. Semuanya lancar jaya. Simon Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes, sama-sama meninggalkan jela yang adalah sumber penghidupan mereka. Bahkan, Yakobus dan Yohanes meninggalkan ayah mereka Zebedeus, dan mengikuti Yesus.

Yah, mereka berempat rela meninggalkan pekerjaan dan keluarga mereka, dan menanggalkan segala egoisme kehidupan duniawi dengan segala kemegahan dan kesenangannya, demi mengikut Yesus. Mereka pasrah sungguh dan mengikut Yesus tanpa tedeng aling-aling. Tanpa serep, mereka hanya memilih bersama Yesus saja. Tidak yang lain!

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kenaikan Yesus Kristus, Cocok Dibagikan ke FB, WA, IG, Twitter, TikTok
Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kenaikan Yesus Kristus, Cocok Dibagikan ke FB, WA, IG, Twitter, TikTok (Istimewa/Internet)

Mereka meninggalkan pekerjaan dan keluarga yang sebenarnya menjadi tumpuan hidup mereka. Sebab mereka sangat yakin bahwa Yesus sanggup memberikan apa saja bagi mereka, asal mereka mengikut Dia dan memberitakan Injil bersama Sang Juruselamat dunia.

Meski mereka kehilangan pekerjaan dan keluarga, tapi mereka akan mendapatkan lebih banyak dan lebih baik dari apa yang mereka tinggalkan. Sebab Yesus adalah tumpuan hidup dan Sumber segala sumber kehidupan umat manusia. Maka mereka memilih mengikuti Tuhan Yesus. Sebab itulah yang terbaik dan paling baik bagi mereka.

Demikian firman Tuhan hari ini
dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia. (ay 22)_
Ketika mereka meninggalkan segala sesuatu yang mereka banggakan, mereka mendapatkan melebihi apa yang mereka bayangkan. Ketika mereka menanggalkan segala pakaian kelaliman, segala yang jahat, segala dosa, segala keinginan dan kepentingan duniawi, dan mementingjan keinginan Kristus, maka mereka mendapat belas kasihan dari Allah yang luar biasa.

Dan, ketika mereka memutuskan mengikut Tuhan, bersedia menjadi hamba-Nya dan rela berkorban demi Injil, maka damai, sukacita dan kebahagiaan, menjadi milik mereka. Tuhan pun memakai mereka secara heran, ajaib dan dahsyat, menjadi hamba-Nya yang setia. Yah, merekalah yang kemudian diangkat menjadi rasul Kristus dan setia sampai mati demi Injil. Karena Tuhan Yesus tidak pernah salah memilih mereka sebagai murid-Nya.

Jadi, para murid mula-mula ini, meninggalkan keluarga dan pekerjaan serta menanggalkan segala perbuatan dunia, demi Injil Kristus. Itulah penyangkalan diri. Itulah pula tekad dan komitmen pelayanan mereka. Mereka menjalani hidup dalam pertobatan dan ketaatan kepada Tuhan.

Sebab, selain meninggalkan pekerjaan dan keluarga, mereka juga telah menanggalkan segala perbuatan dosa dan kekejiannya, meski harus melewati badai dan gelombang yang dahsyat menerjang mereka sebagai hamba Kristus yang setia. Tapi pada akhirnya mereka membuktikan bahwa mereka adalah rasul dan murid Tuhan yang teruji meski akhirnya merek disiksa dan menderita karena Kristus.

Sahabat Kristus, kita juga adalah orang-orang pilihan Tuhan Yesus yang telah dipanggil-Nya menjadi murid Kristus di zaman now. Tuhan tidak pernah salah memilih dan menetapkan kita sebagai hamba-Nya dan sebagai anak-anak-Nya. Kitalah yang sering salah memanfaatkan kasih karunia dan pertolongan-Nya bagi kita. Janganlah salah membawa diri. Peganglah janji dan komitmen kita mengikuti Dia.

Memilih mengikut Tuhan, adalah keputusan yang amat tepat, sangat baik dan benar. Namun, dibutuhkan pembuktian dari kita dalam kesetiaan kepada-Nya. Waktulah yang mengujinya.

Memutuskan mengikut Tuhan berarti rela meninggalkan segala keinginan duniawi, menanggalkan segala atribut dan warna warni dunia dan mau setia mengikut Tuhan meski harus menderita. Jadilah kita murid Kristus sejati, yang tetap setia meski harus memikul salib.

Sebagai keluarga dan jemaat Tuhan hendaklah kita meninggalkan dan menanggalkan segala dosa kita, demi ketaatan kita kepada Kristus. Ingatlah, segala jerih lelah kita di dalam Tuhan, tidaklah sia-sia. Orang yang taat kepada Kristus akan menikmati buahnya yang indah mulia, baik di bumi maupun di sorga mulia.

Maka jadilah kita sebagai murid Kristus zaman now yang setia dan taat kepada-Nya, agar kehidupan kita benar-benar menjadi saksi Tuhan yang hidup, yang memancarkan cahaya sinar kasih-Nya dalam keteladanan, sehingga kehidupan kita dan keluarga, menjadi kemuliaan dan keagungan bagi nama Tuhan. Amin

DOA: Tuhan Yesus, pakailah kami sebagai murid-Mu yang setia dan taat pada-Mu dan meninggalkan serta menanggalkan segala dosa kami demi mengiring Tuhan. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved