Breaking News:

Berita Sitaro

Perbaikan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Link Sitaro Sangihe Segera Bergulir

PT LEN telah mengirimkan kapal Pacific Guardian yang nanti akan memperbaiki link Ondong Siau-Tahuna.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Jacson Baginda
Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Jacson Baginda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Penurunan kualitas jaringan komunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus terjadi.

Kondisi ini disebabkan adanya kerusakan pada kabel fiber optik bawah laut link Ondong Kabupaten Sitaro dan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Menyikapi kerusakan ini, pihak PT. Len Telekomunikasi Indonesia (LEN) selaku badan usaha pengelola jaringan tulang punggung serat optik palapa ring paket tengah bakal melakukan perbaikan dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) Kabupaten Sitaro, Jacson Baginda, Rabu (15/9/2021).

Dalam penjelasannya, Baginda menyebut pihak PT LEN telah mengirimkan kapal Pacific Guardian yang nanti akan memperbaiki link Ondong Siau-Tahuna.

"Kapal telah berangkat dari Lembar Pulau Lombok NTB menuju ke Bitung per kemarin pagi," kata Baginda, mengutip pemberitahuan dari PT LEN.

Selama beberapa hari di Kota Bitung, Baginda bilang, kapal akan melakukan pengangkutan material perbaikan untuk selanjutnya berlayar ke wilayah perbaikan di perairan Ondong Siau Kabupaten Sitaro.

"Berdasarkan update jadwal yang dikirimkan PT LAN, estimasi waktu perjalanan kapal daru NTB sampai ke Bitung antara 14 sampai 20 September atau sekitar enam hari perjalanan," ujar Baginda.

Untuk pemuatan material dalam rangka perbaikan, diperkirakan akan berjalan selama sehari di Pelabuhan Bitung dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju titik lokasi perbaikan, tepatnya di perairan laut Ondong.

"Operasi restorasi akan berjalan selama tujuh hari, mulai 23 September sampai 30 September," bebernya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved